Mengidentifikasi Tanda Kelainan Pada Rahim

Seperti yang kita ketahui bersama, rahim merupakan sebuah kantung tempat tumbuh kembang janin di dalam tubuh ibu. Secara umum, ukuran rahim bagian atas akan lebih besar dari pada bagian bawah. Itulah sebabnya, kebanyakan bayi saat sudah semakin mendekati hari kelahiran akan berputar ke arah bawah. Posisi ini dipengaruhi bagian bokong dan kaki bayi yang membutuhkan ruang lebih luas. Akan tetapi, hal sebaliknya terjadi pada bayi dalam rahim yang mengalami kelainan. Ukuran atas rahim yang lebih kecil menyebabkan bayi tidak dapat berotasi sehingga terdeteksi sebagai posisi sungsang. Ini dapat menandakan adanya kelainan dan masalah pada rahim. 
 
source: https://ebsco.smartimagebase.com/


 


Mengurangi Risiko Janin Terlilit Tali Pusar

Dibandingkan dengan mengkhawatirkan posisi bayi sungsang, kamu seharusnya lebih khawatir jika si kecil terlilit tali pusar di dalam kandungan. Lilitan yang biasanya terjadi di leher ini sangat berisiko dalam menyebabkan aliran darah dan oksigen terhambat. Kondisi ini semakin mengkhawatirkan saat proses persalinan bayi dengan posisi kepala di bawah dilakukan.

 

source: https://www.thesun.co.uk/


Meskipun begitu, berbeda dengan bayi yang berada pada posisi sungsang atau bokong dibawah, lingkaran lilitan tali pusar yang ada di bawah cenderung sulit melilit bagian bokong yang lebih besar dibandingkan dengan leher. Dengan kata lain, kemungkinan kondisi membahayakan di mana tali pusar melilit janin terjadi akan semakin kecil. 
 

baca juga

Tanda Kehamilan Kembar

Terakhir, posisi bayi sungsang juga menandakan adanya kemungkinan sang ibu sedang mengandung bayi kembar. Pasalnya, dalam kehamilan kembar, kedua bayi biasanya akan saling menyesuaikan ukuran dan posisi tubuh untuk berbagi dalam menempati ruang dalam kandungan. Itulah sebabnya ada kemungkinan salah satu bayi berada dalam posisi sungsang.
 

 

source: https://en.wikipedia.org/wiki/Breech_birth


Dalam posisi sungsang, bayi kembar akan sulit berotasi karena ruang kandungan yang lebih sempit. Itulah sebabnya pada situasi ini, ada baiknya kamu melakukan konsultasi pada dokter atau bidan untuk mengetahui tindakan langsung khususnya untuk proses persalinan.