Makanan Pendamping ASI/MPASI

Hingga usia 6 bulan, bayi hanya membutuhkan ASI sebagai asupan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan zat besinya. Tidak heran, pada masa ini, si kecil biasanya akan mendapatkan asupan ASI eksklusif tanpa diberikan makanan atau air putih sekalipun. Kemudian, setelah genap berusia 6 bulan, kebutuhan tubuh bayi terhadap beragam nutrisi seperti zat besi dan zat-zat gizi lainnya, terus mengalami pertambahan. Itulah sebabnya, bayi memerlukan asupan lain di luar ASI. Periode ini cukup dikenal dengan sebutan masa MPASI (Makanan Pendamping ASI) yaitu pemberian makanan yang menjadi asupan pendamping bagi selain ASI yang tetap rutin diberikan sang ibu.
 

Moms, Begini Cara Menyiapkan MPASI Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang
source: https://www.babycenter.com/



 


Cara Memasak MPASI yang Tepat

Sebenarnya, ada banyak sekali metode pemberian MPASI yang populer dilakukan oleh para ibu. Apapun metode yang kamu pilih, pastikan kamu tidak salah dalan melakukan cara memasak agar kandungan gizi dalam makanan tidak banyak yang hilang. Sayangnya, masih banyak para ibu yang melakukan kesalahan, seperti misalnya saat mencampur bubur, sayuran, dengan hati ayam sekaligus. Padahal, ada baiknya kamu mengolah sayur tersendiri, sedangkan beras boleh boleh langsung dicampur hati ayam atau daging merah saat dimasak.

Jika kamu ingin mencampurnya, kamu dapat mengaduk sayuran yang sudah matang dan dilumatkan dengan bubur hati ayam. Dengan kata lain, campur sayuran dengan menu lain saat si kecil benar-benar akan makan.
 

Moms, Begini Cara Menyiapkan MPASI Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang
source: https://www.webmd.com/parenting/baby/news/20180816/consumer-reports-finds-heavy-metals-in-baby-foods


 

baca juga


Jangan Menyimpan MPASI Terlalu Lama

Tidak bisa dipungkiri, banyak para ibu yang terlalu sibuk untuk dapat menyiapkan makanan fresh sebagai MPASI si kecil. Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa semakin lama kamu menyimpan makanan, kandungan gizi dan nutrisinya tidak lagi maksimal seperti saat baru dimasak. Proses penghangatan kembali dapat menghilangkan beberapa kandungan penting makanan.
 

Moms, Begini Cara Menyiapkan MPASI Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang
source: https://www.naturallivingideas.com/


 


Berikan Asupan Vitamin C

Terakhir, untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang diberikan pada anak, pastikan kamu juga memerhatikan asupan vitamin C untuk si kecil dalam tiap menu MPASI-nya. Kamu dapat menyelangkan buah-buahan dengan kandungan vitamin C di sela-sela waktu makan dan minum ASI-nya. Hal ini penting karena vitamin C dapat membantu tubuh dalam menyerap seluruh kandungan gizi dan nutrisi dengan optimal.
 

Moms, Begini Cara Menyiapkan MPASI Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang
source: https://earlyfoods.com/blogs/baby-food-recipes/vitamin-c-most-important-for-babies-kids


Nah, itulah beberapa hal penting seputar pemberian MPASI bayi agar kandungan gizi dan nutrisinya tetap optimal. Semoga informasinya bermanfaat, ya!