Membangun Kamar Mandi Minim Ventilasi

Kamar mandi adalah tempat "basah", tentu kamar mandi memiliki kelembaban tinggi dibanding ruang lain di dalam rumah. Kamar mandi dengan ventilasi minim atau bahkan tanpa ventilasi memadai akan membuat kamar mandi sering basah dan lembab. Hal ini membuat penumpukan udara dalam kamar mandi, kamar mandi berlumut bahkan berbau tidak sedap. 

Membangun Kamar Mandi Minim Ventilasi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQVJro1kvMnc3nGdNhMyOaCMppMVp69-PRw1dHaLzAu0OFVNfRqLg-GL_0

Tidak Menutup Lubang Toilet Saat Menyiram Kotoran

Saat selesai buang air besar maupun buang air kecil, tentu Moms akan membasuhnya sebersih mungkin. Tapi tahukah jika cipratan air dari lubang toilet kemungkinan besar akan menyiprat ke segala penjuru kamar mandi?

Kebiasaan tidak menutup lubang toilet saat menyiram, akan mempercepat transfer bakteri dari urin atau feses seperti E-coli maupun Salmonela ke tempat lain seperti wadah sikat gigi, handuk atau pegangan pintu. Bakteri tersebut dapat berinkubasi selama satu minggu di dalam peralatan mandi. Nah, mulai sekarang, terapkan kebiasaan ini pada anak-anak dan Dads, ya!
Tidak Menutup Lubang Toilet Saat Menyiram Kotoran
source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRuPY0KFoV7SZboLd_aPvjXTwXcvusneFWNZ55NAgnd3c5E085t71uJqKMBRA
baca juga

Membiarkan Handuk atau Lap Basah Tertinggal di Kamar Mandi

Menggantung handuk basah atau lap di kamar mandi, sama saja beternak jamur atau bakteri. Duh! Nggak deh Moms. Sisa-sisa sel kulit mati, kotoran, dan sabun dalam handuk yang tidak kering akan menjadi tempat sempurna bagi bakteri berkembang biak. Selain itu, jika menggunakan handuk  di lain waktu, mnaka kemungkinan handuk yang mengendap di kamar mandi telah terkena cipratan air toilet. Lagi-lagi, duh!

Membiarkan Handuk atau Lap Basah Tertinggal di Kamar Mandi
source: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSzAvDvXiwVL58nsP9dveymruxwbM-uOO3yMAjXYWbc9dU2lmVKEOaKLEDTQg

Meninggalkan Baju Basah atau Cucian

Sebelas dua belas dengan handuk basah, kebiasaan meninggalkan baju basah di kamar mandi yang lembab bisa menimbulkan bau tidak sedap karena jamur maupun bakteri. Belum lagi, tumpukan baju sangat tidak sedap dipandang mata kan Moms? Jika terpaksa harus menyimpan baju kotor di kamar mandi, gunakan keranjang cucian berpenutup dan segera cuci dan keringkan baju. Jangan menunggunya menjadi gunungan cucian kotor ya Moms.

Meninggalkan Baju Basah atau Cucian
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR56cf36UUgakeaLcDb-emgAD0mKBzasOy6ztTh-z0EmQYThGQx
baca juga

Membiarkan Wadah Sabun atau Sikat Gigi Tergenang Air

Sabun atau sikat gigi biasanya disimpan di dalam wadah tertutup dengan alasan kerapihan. Tapi ternyata, wadah tertutup malah menjadi masalah. Kebiasaan tidak membuang sisa tetesan air dalam wadah, akan membuat wadah berbau tidak sedap dan tentu sikat gigi terkontaminasi bakteri. 

Membiarkan Wadah Sabun atau Sikat Gigi Tergenang Air
source: https://lh4.googleusercontent.com/proxy/sq0eU4uq9xP60kshYbtStHQE_c00i35_nn85llWUg-8wnWxI4syTRoYt7pgfPEM76B3UrKP_avaiICcoGpYnlstHa53_2-RPXDDe6fBt2YVtd3iQJykiJX15NVS6dg8Hv6xnHGoLwxIHYNn0eyFlAx9SSf8=w300-h300-nc

Siap-siap membuat rumah kamu sehat dan bersih yuk Moms, dimulai dari meninggalkam kebiasaan tidak sehat. Demi kebaikan keluarga, karena mencegah lebih baik dari mengobati.