Tanda Cacingan Pada Bayi

source: http://www.parents.com

Moms, ternyata enggak hanya anak besar saja yang mengalami cacingan, tapi juga bisa menyerang bayi. Sedih kan mengetahui fakta ini! Adapun tanda bayi cacingan adalah ia rewel dan susah tidur karena gatal di sekitar anus. Selain itu, iritasi pada bagian anus dan gatal di area vagina bagi anak perempuan, juga bisa jadi penanda bayi cacingan.

Biasanya gatal tak tertahankan terjadi di malam hari karena si cacing kremi berpindah ke rektum untuk bertelur. Pada anak perempuan, infeksi bisa menyebar ke vagina sehingga menyebabkan keputihan. Ada pula beberapa bayi yang mual dan muntah karena cacing menginfeksi usus. Hmm... ngeri banget ya!

 

baca juga

BAB Anak Berbau Busuk

source: https://thedermatologyclinic.com

Kalau kamu mencium bau busuk dari feses atau tinja anak, dan baunya berbeda dengan sebelumnya, maka kamu perlu curiga kemungkinan anak mengalami cacingan. BAB anak yang berbau busuk yang sangat menusuk, merupakan pertanda ada infeksi di dalam perutnya. Infeksi yang disebabkan cacing bisa jadi penyebab aroma tinja yang sangat tak sedap ini.

 

Sakit Perut dan Perut Membuncit

source: https://realhealthykids.com

Sakit perut merupakan gejala umum anak mengalami penyakit tertentu, misalnya alergi dengan makanan dan minuman tertentu. Tapi sakit perut juga bisa jadi tanda kalau anak cacingan. Untuk lebih memastikannya, cobalah perhatikan perilaku anak saat sakit perut, apakah ia mengeluh gatal di sekitar dubur.

Kalau ya, maka itu benar tanda cacingan. Selain itu, anak cacingan biasanya dilihat dari bentuk perutnya yang kian membuncit. Perut terlihat membuncit namun secara keseluruhan tubuhnya kurus karena cacing terus mengisap darah dan nutrisi.

 

baca juga

Gatal di Sekitar Dubur Pada Malam Hari

source: https://www.drbeurkens.com

Tanda anak cacingan yang paling mudah terlihat adalah anak mengeluh gatal di sekitar dubur atau anus. Biasanya gatal ini tak tertahankan di malam hari, sehingga anak jadi susah tidur. Kenapa gatal menjadi lebih parah di malam hari? Itu karena cacing kremi akan aktif bergerak dari usus ke dubur untuk bertelur sehingga membuat rasa gatal.

 

Anak Lesu dan Lemas

source: http://geniuspregnancy.com

Infeksi cacing yang termasuk parah bisa membuat  anak  menunjukkan gejala seperti lemah, letih, dan lesu. Meski makan banyak, tapi semua makanan bergizi akan dimakan cacing sehingga tidak memberikan energi dan nutrisi pada tubuh anak. Akibat jangka panjangnya adalah anak bisa stunting atau tumbuh pendek.