1. Rumah Sakit

Tak disangka, ternyata rumah sakit merupakan salah satu tempat yang wajib dihindari bayi. Jangan membawa bayi ke rumah sakit jika hanya akan menjenguk saudara atau teman yang sakit. Lain perkara apabila si bayi memang sakit. Meski bersih, namun rumah sakit merupakan tempat berkumpulnya sumber penyakit. Tak ada yang tahu kemungkinan virus dan bakteri ada di lorong, ruang tunggu dan kamar di rumah sakit yang bisa sewaktu-waktu terpaparkan ke tubuh bayi. Apalagi daya tahan tubuh bayi baru lahir masih lemah sehingga mudah terserang penyakit yang mengancam kesehatan bayi. 

Nah, saat menjenguk saudara atau teman yang sakit, sebaiknya tinggalkan bayi di rumah. Saat pulang pastikan mandi terlebih dahulu untuk menghilangkan kuman yang menempel di tubuh, sebelum memegang bayi. 
 
source: https://www.dezeen.com

 

2. Mal

Orangtua zaman sekarang suka banget membawa bayi mereka ke mal. Ternyata mal termasuk dalam daftar yang harus dihindari bayi baru lahir. Kenapa? Mal merupakan sumber keramaian di mana banyak orang berkumpul. Selain bising dan banyak orang, mal juga menjadi tempat yang rawan akan penyebaran penyakit dan polusi udara. Suhunya yang dingin juga akan membuat bayi tidak merasa nyaman. Belum lagi jika ada orang lain yang gemas dan menyentuh bayi. Sepulang dari mal bayi bisa berisiko jatuh sakit. 
 
source: https://accountingsoftware.com.ng


 
baca juga

3. Tempat Kerja

Buat ibu bekerja, sebaiknya manfaatkan cuti hamil untuk merawat bayi di rumah. Jangan sampai bekerja sambil membawa bayi baru lahir ke kantor. Meski kantor Moms ramah anak, namun bisa saja membawa bayi akan mengganggu pekerjaan, karena perhatian terbagi dua yaitu bekerja dan mengurus bayi. Selain itu, teman-teman kantor Moms pasti akan berebutan menyentuh bayi. Padahal bayi baru lahir belum boleh disentuh orang lain untuk meminimalkan risiko terkena penyakit. 
 
source: https://www.freepik.com

 

4. Sekolah

Saat menjemput anak yang lebih tua, Moms mungkin akan membawa bayi ikut serta. Sebisa mungkin hindari membawa bayi masuk ke sekolah, karena di sana juga tempat favorit kuman berkumpul. Tetaplah di dalam mobil dan minta anak yang lebih tua untuk berjalan sampai ke mobil. 
 
source: https://www.understood.org


 
baca juga

5. Bioskop

Moms, jangan pernah menganggap sepele aturan untuk tidak membawa bayi baru lahir ke bioskop ya. Bioskop sangat berisik sehingga akan membuat bayi mudah kaget. Selain itu, suhunya juga dingin dan tertutup sehingga pasti membuat bayi tidak nyaman. Belum lagi jika bayi menangis di dalam bioskop, tentu akan mengganggu kenyamanan orang lain. 
 
source: https://nypost.com

Nah, itu dia 5 tempat yang harus dihindari bayi baru lahir, Moms! Bersabarlah menunggu sampai si kecil bisa diajak ke tempat-tempat tersebut ya!