1. Pengetahuan Tentang Persalinan

Tips pertama yang harus kamu pahami sebelum persalinan adalah pengetahuan tentang proses persalinan, terutama jika ini pertama kalinya. Pengetahuan seputar persalinan hanya untuk mengetahui apa yang bisa kamu alami selama proses berlangsung.

source: http://www.solusisehatku.com


 

baca juga

2. Latihan Kegel

Tips kedua adalah mempersiapkan persalinan kamu dengan latihan kegel dengan mengencangkan dan melepaskan otot panggul kamu dalam interval. Latihan ini bisa mengurangi rasa sakit saat persalinan.

source: http://www.waktunyahidupsehat.com


 

3. Pijat Refleksi

Untuk mempermudah proses persalinan sebaiknya kamu rutin melakukan pemijatan oleh seorang profesional. Pijat sebelum melahirkan ini dapat dilakukan di titik tertentu yang berkonsentrasi pada daerah perut dan panggul kamu.

source: https://hellosehat.com


 

baca juga

4. Merubah Makanan

Beberapa hari sebelum melahirkan dokter kandungan mungkin menyarankan kamu untuk sedikit mengubah diet kamu. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang rendah kandungan bumbu dan sodium.

source: http://www.infoginekologi.web.id


 

5. Pilihan Persalinan

Sangat penting untuk mendiskusikan pilihan persalinan dengan dokter kandungan kamu. Karena berbagai jenis tindakan pencegahan dan perawatan dapat dilakukan, tergantung pada apakah kamu melakukan persalinan normal atau sesar.

source: http://www.ceritakeluarga.com


 

6. Latihan Pernapasan

Sambil mempersiapkan diri untuk melahirkan, kamu juga bisa mempelajari latihan pernafasan tertentu yang membantu meringankan rasa sakit saat kontraksi persalinan. Nah, ini sangat penting untuk kamu lakukan agar memperlancar persalinan normal kamu.

source: http://nakita.grid.id


 

7. Latihan Meditasi

Kamu juga bisa berlatih meditasi dan yoga. Dimulai hanya beberapa minggu sebelum hari persalinan kamu, untuk membantu menenangkan saraf.

source: http://shivaescuelayoga.blogspot.co.id


 

8. Dukungan Emosional

Tips terakhir ini sangat penting lho. Pastikan bahwa kamu memiliki pasangan atau orang yang kamu cintai menemani detik-detik persalinan. Sehingga mereka dapat memberi kamu dukungan emosional yang sangat dibutuhkan dan juga berbagi kegembiraan kamu.

source: http://economy.okezone.com