Miso shiru atau yang biasa kita sebut sup miso merupakan salah satu hidangan tradisional Jepang yang menjadi makanan utama warga Jepang sejak dahulu. Jika kamu sering melihat drama Jepang, semangkuk sup miso selalu dihidangkan setiap pagi sebagai hidangan pendamping nasi. Di berbagai restoran Jepang pun sup miso selalu hadir di sebagian besar menu. Bukan hanya rasanya yang lezat, sup mizo juga tawarkan manfaat kesehatan dan kecantikan yang sangat menguntungkan bagi para wanita.

source: http://beauty-matome.net/skin/miso0802.html

Dilansir dari Beauty-Matome, berikut merupakan manfaat penting miso soup yang perlu kamu ketahui.

Memiliki Manfaat Kecantikan Bagi Kulit

Sejak zaman dahulu kala para pembuat miso di Jepang dikenal memiliki tangan berkulit putih dan lembut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam linoleat di dalam miso yang mampu menekan pembentukan melanin, mencegah munculnya noda dan bintik hitam, serta memberikan brightening effect pada kulit. Oleh karena itu, ada beberapa produk kecantikan yang menggunakan miso sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan.

source: http://vegetarian.about.com/od/glossary/g/misoglossary.htm
baca juga

Memberikan Efek Anti-Aging

Miso merupakan makanan fermentasi yang kaya akan nutrisi karena pada dasarnya dibuat oleh kedelai yang memang memiliki nutrisi tinggi. Selain itu, di dalam miso juga terkandung protein yang kemudian terurai menjadi asam amino setelah melewati proses fermentasi. Setidaknya terdapat 8 jenis asam amino penting yang diperlukan oleh tubuh di dalam miso.

source: https://locari.jp/posts/9444

Sedangkan miso yang kemudian diolah menjadi sup miso dikatakan memiliki kandungan vitamin E. Kandungan vitamin ini memiliki fungsi untuk mencegah pembentukan lipid dalam darah atau membran sel, serta menghambat terjadinya oksidasi kolesterol. Hal ini membuat bagian dalam pembuluh darah tetap bersih sehingga memperlancar peredaran darah. Karena oksidasi dapat memicu proses penuaan tubuh serta penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup, maka vitamin E dalam miso soup ini dinilai berperan sebagai anti-aging.

Selain itu, terdapat kandungan isoflavon dan juga kolin di dalam miso soup. Kedua elemen ini juga dianggap memiliki fungsi antioksidan serta memberikan anti-aging effect yang baik.
 

Meringankan Nyeri Haid & Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh

Kedelai mengandung banyak isoflavon yang dikatakan memiliki fungsi serupa dengan hormon wanita, yaitu estrogen. Oleh karena itu isoflavon dinilai dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh wanita.

source: http://claudemesplede.com/2009/02/dingue-du-zwing-dominique-zay/

Tidak hanya itu, isoflavon juga membantu memperlancar sirkulasi menstruasi, serta meringankan nyeri haid yang biasanya dialami beberapa wanita.  

Dengan adanya 3 poin penting di atas, maka miso soup dianggap menjadi salah satu hidangan yang sangat bersahabat bagi para wanita. Ayo, coba konsumsi miso soup dari sekarang!

Artikel dari: http://beautynesia.id/9204