1. Apron atau Nursing Cover

Apron wajib ada di dalam daftar wajib ada bagi ibu menyusui yang bekerja. Apron atau nursing cover ini sangat berguna ketika kamu menyusui di tempat umum, termasuk di kantor. Apron akan menutup aktivitas memompa ASI di meja kantor. Selain itu, apron juga berguna saat menyusui bayi secara langsung di tempat-tempat umum.
 
source: https://www.momtricks.com

 

2. Botol atau Kantung Penyimpanan ASIP

Selain pompa ASI, Moms juga memerlukan wadah untuk menyimpan ASI yang sudah dipompa. Ada beberapa pilihan wadah di antaranya botol dan kantung penyimpanan berupa plastik. Jenis botol ada bermacam-macam seperti botol plastik, botol kaca dan botol ASI stainless. Disarankan Moms menggunakan botol plastik kaca karena materialnya lebih aman dan bisa digunakan berkali-kali. Sementara untuk kantung ASI, meski praktis namun bisa bocor jika tidak hati-hati dan dipakai hanya sekali saja, sehingga tidak ramah lingkungan. 
 
source: https://www.babycentre.co.uk

 
baca juga

3. Cooler Bag

Untuk menjaga ketahanan ASI, Moms perlu menyimpan ASI dalam cooler bag. Cooler bag adalah wadah khusus untuk menyimpan ASI yang biasanya dilengkapi dengan ice pack. ASI yang disimpan di dalam cooler bag dapat tahan lama dibandingan dengan ASI yang diletakkan di suhu ruangan. Selain itu, cooler bag juga memudahkan Moms untuk membawa ASI pulang ke rumah. Saat ini sudah banyak cooler bag yang desainnya cantik dan bagus, sehingga bisa dibawa kemanapun. 
 
source: https://heavy.com

 

4. Breast Pad

Kadang ASI mengalir sendiri meski kita tidak sedang menyusui atau memompa. Nah, untuk menahan ASI agar tidak mengenai bra dan baju, breast pad sangat diperlukan. Ibu yang memompa ASI sangat membutuhkan breast pad karena kadang saat melakukan single pumping, ASI dari payudara yang lain juga akan keluar dan membasahi bra dan baju. Kalau sudah begitu akan repot, apalagi Moms sedang berada di kantor. 
 
source: https://babybare.com.au

 
baca juga

5. Bra Menyusui

Baik ibu bekerja ataupun ibu rumah tangga membutuhkan bra menyusui untuk memudahkannya menyusui maupun memompa ASI. Pada bra menyusui, biasanya ada bukaan di bagian areola, sehingga cukup membukanya saat menyusui ataupun memompa ASI. Jadi, proses memompa akan lebih praktis. 
 
source: https://xpandabra.com

 

6. Tisu

Karena ASI adalah cairan, jadi mudah sekali tumpah atau tercecer. Untuk jaga-jaga selalu sediakan tisu ya, baik tisu kering maupu tisu basah. Dengan adanya benda ini, maka akan memudahkanmu untuk melap atau mengeringkan ASI yang mungkin tumpah. 
 
source: https://www.dhgate.com

Nah, itu dia beberapa perlengkapan menyusui, selain pompa ASI yang wajib dimiliki ibu bekerja. Segera lengkapi perlengkapan menyusuimu ya, Moms!