1. Baca Review Lebih Dulu

Moms, ada dua jenis pompa ASI yakni pompa ASI manual dan elektrik. Cobalah membaca fitur dan cara menggunakan kedua jenis pompa ASI ini, kira-kira yang mana lebih sesuai untukmua. Pompa ASI manual menggunakan tangan untuk memompa sehingga kita akan mudah merasa lelah. Namun, pompa ASI ini lebih ringan dan tidak menimbulkan suara. Sementara pompa elektrik lebih berat dan banyak komponennya. Banyak yang memilih pompa ASI ini karena lebih praktis dan Moms bisa melakukan hal lain saat menggunakannya. 
 
source: https://familydoctor.org

 

2. Bertanya Pada Ibu Menyusui yang Lain

Sebelum membeli pompa ASI, sebaiknya kamu mencari referensi yang lebih banyak. Selain dari internet, kamu juga bisa bertanya kepada ibu menyusui yang lain, seperti teman atau anggota dalam komunitas yang sama. Tanyakan lebih detail mengenai jenis dan merek pompa ASI yang mereka gunakan, terkait kelebihan dan kekurangannya. 
 
source: https://www.lustaci.com

 
baca juga

3. Menyewa Pompa ASI untuk Sementara

Pompa ASI yang sesuai denganmu sebenarnya baru bisa diketahui dengan mencobanya terlebih dahulu. Karena pompa ASI yang baru tidak mungkin untuk dicoba, untuk itu ada baiknya Moms menyewa pompa ASI dan mencobanya. Sekarang sudah banyak yang membuka penyewaan pompa ASI dengan harga bervariasi. Saat menyewa pompa ASI, pilihkan tempat penyewaan yang sudah dikenal dan direkomendasikan ya, Moms. Selain itu, perhatikan pompa ASI yang disewa apakah masih layak dipakai dan terjaga kebersihannya. 
 
source: https://www.medela.ca

 

4. Sesuaikan Budget

Ada beberapa merek pompa ASI yang tersedia di pasaran dan menawarkan harga yang berbeda-beda. Moms bisa membeli pompa ASI langsung ke toko maupun lewat online. Jangan memaksakan untuk membeli pompa ASI yang mahal, namun pilihlah kenyamanan dan ketahanan yang ditawarkan. Selain itu, jangan pula tergiur membeli pompa ASI yang harganya terlalu murah. Pokoknya sesuaikan dengan budget ya, Moms! 
 
source: https://www.ohmconnect.com

Nah, itu dia beberapa cara yang perlu diperhatikan sebelum membeli pompa ASI, Moms. Semoga informasi ini berguna ya!