1. Pola Makan Harus Benar

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan ibu sehabis melahirkan adalah mengurangi asupan lemak jenuh untuk membantu menurunkan berat badan. Ternyata kurang mengonsumsi lemak jenuh akan menyebabkan kerusakan kulit, terutama di sekitar payudara, sehingga kehilangan bentuk dan elastisitas akibat peregangan dan ketegangan saat menyusui. Membran sel payudara terdiri dari lemak jenuh. Asupan lemak jenuh juga dapat membantu mencegah stretch mark. Jadi, pastikan Moms makan dengan benar saat menyusui ya. Konsumsilah makanan yang kaya lemak jenuh seperti produk susu, telur dan daging. Dengan begitu, akan memberi nutrisi yang tepat bagi tubuh dan mengembalikan elastisitas kulit untuk mendapatkan payudara kencang. 
 
source: https://www.momjunction.com

 

2. Menyapih Bayi pada Waktu yang Tepat

Penting bagi ibu menyusui untuk menyapih bayi di waktu yang tepat. Jangan tiba-tiba berhenti menyusui karena dapat berakibat pada payudara menjadi kendur. Sebaliknya, carilah isyarat  bayi siap untuk disapih. Biasanya, di usia tujuh hingga delapan bulan, sebagian besar bayi sudah beradaptasi dengan makanan semi-padat dan frekuensi menyusunya juga menurun. Namun, menurut pedoman WHO ibu tetap dapat menyusui bayi hingga berusia dua tahun. Jadi jika Moms tetap ingin menyusui dan menyelamatkan payudara agar tidak kendur, kurangan frekuensi menyusui secara perlahan. Setelah bayi sudah bisa makan dengan baik, batasi proses menyusui menjadi satu kali sehari dan berangsur-angsur dihilangkan pada saat bayi genap berusia dua tahun.
 
source: https://www.telegraph.co.uk

 
baca juga

3. Memegangi Payudara saat Menyusui

Untuk melakukan ini dengan benar, duduklah di tempat yang nyaman dengan punggung bersandar pada bantal. Posisikan bayi dengan benar. Salah satu lengan menopang tubuh mungil si bayi. Selanjutnya, tangan lain sedikit mengangkat payudara yang dipakai menyusui. Hal ini bertujuan untuk menjaga jaringan lemak payudara agar tidak kendur selagi bayi sedang menyedot ASI. 

 
source: https://today.mims.com

 

4. Rutin Berolahraga

Payudara tidak terdiri dari otot dan ligamen. Tetapi hanya memiliki jaringan lemak dan itulah sebabnya payudara rentan melorot. Agar mengurangi kekenduran payudara, kamu dapat memperkuat otot-otot yang menahan payudara dengan rutin berolahraga.Dengan melatih otot dada dan punggung akan membantu payudara tampak lebih kencang.

Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa Moms lakukan: 

Dumbbell Pull-Over
Latihan ini memperkuat lengan, dada, dan punggung yang bagus untuk postur tubuh dan mendukung payudara kencang. Langkah-langkahnya: 
1. Berbaring di bangku dengan kedua kaki di lantai.
2. Pegang dumbbell di masing-masing tangan di atas kepala.
3. Angkat tangan ke atas mengarah ke langit-langit
4. Ulangi.

- Push Up
Push up sangat bagus untuk menguatkan otot lengan dan punggung. Cara melakukan latihan ini adalah: 
1. Menghadap lantai, letakkan tangan di depan secara paralel. Luruskan kaki dan tekuk lutut. 
2. Turunkan badan sejauh yang kami bisa dan kemudian dorong kembali.
3. Ulangi.
 
source: https://www.videoblocks.com

Nah, itu dia tips payudara kencang yang bisa kamu coba di rumah, Moms. Terapkan secara rutin dan jangan malas-malasan ya!