Kapan Indera Perasa Bayi Mulai Berkembang?

Seperti dijelaskan sebelumnya, perkembangan indera perasa bayi sudah terjadi sejak dalam kandungan. Pada usia kehamilan 9 minggu, mulut dan lidah bayi mulai berkembang dan menjadi pertanda indera perasa bayi mulai berfungsi. Lewat cairan ketuban, bayi dapat mengecap rasa makanan yang dimakan ibunya. Selain itu, dapat mencium aromanya. Jika ibu mengonsumsi makanan manis, gurih, pedas, bayi pun dapat merasakannya juga. 
 
source: https://www.growingyourbaby.com
Setelah dilahirkan, perkembanga bayi makin pesar dan indra perasa bayi makin sensitif. Dia bisa mengenali rasa manis dan asam, tetapi lebih suka manis. Inilah salah satu alasan dia menyukai rasa ASI. Indra perasa dan penciuman saling terkait, sehingga bayi bisa mengenali perbedaan ASI ibunya dan orang lain. 
 

Usia 0-3 Bulan

Pada tahap ini, indera perasa bayi sangat sensitif. Meski masih bayi, namun indera perasanya berfungsi dengan baik dan secara luas. Selama tiga bulan pertama, bayi dapat membedakan antara rasa manis dan pahit. Dia lebih suka rasa manis, seperti rasa ASI.
 
source: https://www.momjunction.com


 
baca juga

Usia 3-6 Bulan

Pada usia 3 bulan, lidah bayi semakin berkembag. Bayi mulai sering memasukkan benda ke dalam mulutnya, seperti mainan atau kain. Hal ini menunjukkan bahwa dia menggunakan lidahnya untuk mencoba dan memahami berbagai tekstur dan rasa.

Sekitar 5 bulan, indera perasa bayi semakin berubah dan mampu bereaksi terhadap rasa asin. Namun, jangan dulu mengenalkan bayi makanan asin ya, Moms. Tunggu sampai bayi sudah benar-benar siap.
 
source: http://m.songkhoe.vn


 

Usia 6-12 Bulan

Selama 6 bulan, bayi hanya mengonsumsi ASI sehingga saat mulai makan pertama kalinya (MPASI) bayi akan dikejutkan dengan berbagai macam varian rasa. Kadang bayi menolak untuk makan, karena belum beradaptasi dengan baik dengan rasa baru. Tapi, jangan khawatir Moms karena hal ini wajar terjadi. Para ahli menyarankan untuk menawarkan makanan baru setidaknya delapan kali sebelum memutuskan bayi tidak menyukai makanan tersebut. 

Di usia 7 dan 8 bulan, bayi sudah mulai dikenalkan dengan finger food. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk mengenalkan bayi beragam macam tektur dan rasa makanan, terutama buah dan sayur-sayuran.
 
source: https://www.buggfamily.com

Nah, itu dia tahapan adaptasi bayi terhadap rasa makanan, Moms. Adaptasi rasa yang berjalan baik akan mendukung tumbuh kembang bayi jadi lebih optimal.