1. Sakit Punggung

Ini adalah gejala sakit punggung yang paling umum. Sebagian besar wanita mengatakan bahwa persalinan mereka benar-benar dimulai dari sakit punggung. Tapi kamu harus membedakannya dari sakit punggung normal yang kamu alami selama kehamilan. 

source: https://health.detik.com



2. Mengalami Kontraksi

Dinding rahim kamu mengeras dalam persiapan kelahiran vagina. Kontraksi ini tidak menimbulkan rasa sakit dan kebanyakan wanita gagal memerhatikannya. Tapi jika kamu waspada, kamu akan mulai merasakan intensitas kontraksi ini meningkat sekitar satu minggu sebelum melahirkan. Jadi jangan beri keluarga kamu alarm palsu yah.

source: http://dedaunan.com
baca juga



3. Plug Lendir

Ada peningkatan debit lendir dari vagina kamu tepat sebelum kamu melahirkan. Ini karena lendir perlahan larut sehingga ketuban kamu bisa pecah saat waktunya tiba.

source: http://www.elhawanem.com



4. Bercak Darah

Kamu mungkin melihat beberapa darah dalam keputihan kami sebelum melahirkan. Jika ini terjadi, segera ke dokter. Dengan begitu dokter bisa mendiagnosis apakah ini normal atau ada masalah pada kehamilan kamu.

source: http://forum.momes.net
baca juga



5. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil adalah gejala yang kamu alami selama trimester ketiga kehamilan. Tapi dorongan untuk pergi ke toilet akan berbeda. Kamu akan merasakan dorongan bahkan jika kamu baru saja mengosongkan kandung kemih kamu. Ini terjadi karena bayi kamu mulai mendorong ke bawah.

source: https://hellosehat.com



6. Gerakan Bayi

Saat kamu mencapai trimester ketiga, kamu akan terbiasa dengan gerakan bayi di dalam perut kamu. Tapi sesaat sebelum sakit persalinan dimulai, gerakan akan melambat. Karena bayi biasanya mengambil posisi melahirkan seminggu sebelum melahirkan.

source: http://health.liputan6.com



7. Pecah Ketuban

Sulit untuk melewatkannya saat air ketuban pecah. Kamu akan merasakan kontraksi dengan semua kekuatan dan memiliki banyak pelepasan dari vagina kamu. Ini adalah beberapa tanda awal persalinan yang akan membantu kamu bersiap menghadapi persalinan per vaginam. Apakah kamu merasakan gejala lain sebelum kamu melahirkan?

source: https://www.babycentre.co.uk