1. Kompres Es

Meski sifatnya hanya sementara, namun kompres es atau air dingin pada bagian ambeien setidaknya dapat meredakan nyeri. 

2. Berendam Air Hangat
Mandi air hangat adalah obat sederhana mengatasi ambeien saat hamli. Jika Moms merasa kesakitan, segera siapkan air hangat dan berendam di dalamnya. Tak perlu memasukkan campuran apapun. Berendamlah selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, keluar dan biarkan badan kering sendiri. Hindari mengeringkan dengan cara menggosok-gosok dengan handuk. 
 
source: http://parenting.firstcry.com

 

3. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera bermanfaat untuk mengatasi iritasi pada kulit. Coba oleskan lidah buaya pada bagian ambein. Lebih baik beli lidah buaya yang masih utuh dan bukan dalam bentuk kemasan yang sudah diolah, karena lebih efektif. 

4. Banyak Mengonsumsi Serat
Konstipasi erat kaitannya dengan ambeien. Saat mengalami konstipasi dan sulit buang air besar, ambeien akan semakin terasa sakit. Untuk itu, wanita hamil perlu mengonsumsi makanan tinggi serat agar sistem pencernaan lancar dan tidak mudah mengalami konstipasi. Beberapa contoh makanan kaya serta di antaranya apel, edamame, roti gandum dan sebagainya. 
 
source: https://www.stylecraze.com
baca juga

5. Atasi dengan Obat

Mengatasi ambeien saat hamil juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat baik obat oral maupun obat luar seperti krim atau salep. Krim yang mengandung hydrocortisone akan mengurangi peradangan dan membantu meringankan rasa sakit. Selain itu, krim witch hazel diyakini cukup efektif menyembuhkan ambeien. Meski banyak obat ambeien yang bisa dibeli dengan mudah, namun jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai obat yang tepat dan aman digunakan selama kehamilan, agar tidak mengganggu kesehatan janin di dalam rahim. 
 
source: https://wkrasote.ru

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengatasi ambeien saat hamil. Semoga informasi ini membantu ya, Moms!