1. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak

Preschool merupakan institusi pendidikan non formal tempat berkumpulnya kanak-kanak usia dini. Di sini anak akan bertemu dengan teman-teman sebayanya. Oleh karena itu, akan membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan bagaimana beradaptasi dengan orang lain. Anak akan menyadari bahwa dia memiliki teman yang sebaya dengannya yang harus saling berbagi mainan dan bermain bersama. Semakin awal anak diajak untuk bersosialisasi, maka semakin cepat untuk ia percaya diri dan mengatasi rasa malu. 
 
source: http://www.corvallisadvocate.com

 

2. Mengenalkan Konsep Berbagi dan Bekerja Sama

Berbagi dan bekerja sama mungkin adalah salah satu hal yang sulit dilakukan anak-anak. Kadang saat di rumah, anak sulit berbagi mainan dengan saudaranya sehingga berakhir dengan perkelahian. Di preschool anak-anak akan dilatih agar dapat berbagi dan bekerja sama dalam tim.
 
source: http://iamforkids.org

 
baca juga

3. Menyiapkan Anak untuk Pendidikan Formal

Suatu saat orangtua pasti akan memasukkan anak ke TK dan sekolah. Preschool bisa menjadi tahapan awal untuk mengenalkan anak tentang sekolah sebelum mereka cukup umur dan benar-benar siap untuk masuk TK ataupun SD. 

Meski lebih banyak bermain, namun di preschool anak juga akan diajari mengenai pelajaran yang mudah dan sederhana. Lewat preschool kemampuan akademis dan pemahaman tentang pentingnya pendidikan sudah mulai dilatih. 
 
source: https://www.todaysparent.com

 

4. Mengajarkan Rasa Hormat

Kehidupan akan berjalan dengan baik jika kita tahu bagaimana cara menghormati dan menghargai orang lain. Nilai-nilai ini juga diajarkan kepada anak di preschool. Tidak hanya menghargai teman-teman dan guru, namun juga menghargai lingkungan dan makhluk hidup lain yang ada di sekitar. Meski orangtua sudah mengajarkan di rumah, namun preschool merupakan tempat yang baik untuk mempraktekkan pemahaman akan nilai dan rasa hormat anak. 
 
source: https://www.livestrong.com

 
baca juga

5. Melatih Anak Berkonsentrasi

Selama masa prasekolah, anak-anak mengeksplorasi setiap kesempatan untuk menemukan pengalaman baru, teman baru, dan lingkungan baru. Pikiran mereka begitu hidup dan imajinatif.
Semangat belajar anak ini harus diselaraskan dengan kemampuan mendengarkan, mengikuti petunjuk dan berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, demi mengembangkan kemampuan berkonsentrasi dan pikiran kritis anak. 
 
source: http://www.discoverchampions.com

Nah, itu dia alasan kenapa anak perlu mendapatkan pendidikan pra sekolah Moms! Ternyata preschool cukup bermanfaat ya!