Anak Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tidak Higienis

source: https://www.sciencenews.org
Anak cacingan paling banyak diakibatkan karena mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak bersih. Ada 2 jenis cacing yang bisa masuk ke tubuh lewat makanan dan minuman yaitu cacing pita dan cacing kremi. Cacing tambang menginfeksi tubuh karena tangan anak bersentuhan dengan telur cacing pada makanan, atau mengonsumsi makanan seperti ikan dan daging yang tidak bersih.

Sementara cacing kremi masuk ke tubuh karena anak menelan makanan yang dihinggapi telur cacing kremi. So, penting sekali mengingatkan anak untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang higienis dan sehat yah, alias jangan biarkan sering jajan di luar sembarangan, moms!

 

Tidak Mencuci Tangan Setelah Makan atau Sehabis BAB

source: http://londonmumsmagazine.com

Telur cacing ada di mana-mana, sehingga akan mudah sekali tersentuh oleh tangan anak. Kalau anak tidak mencuci tangan, terutama saat akan makan dengan sabun, maka tangannya akan terkontaminasi oleh kuman dan telur cacing. Akibatnya, telur cacing masuk ke tubuh dan menginfeksi saluran pencernaan anak.

 

baca juga

Bermain atau Berlarian di Tanah Tanpa Alas Kaki

source: http://revolutionaryparent.com

Ada istilah kalau berani kotor itu baik untuk anak. Tapi moms juga perlu berhati-hati saat membiarkan anak bermain di tanah tanpa alas kaki. Pasalnya, tanah, terutama yang hangat dan lembap, merupakan rumah cacing tambang dan bisa sewaktu-waktu menginfeksi si kecil. Cacing tambang dapat menembus kulit yang tidak beralas kaki  kemudian masuk ke sirkulasi darah dan ikut terbawa ke dalam paru-paru dan tenggorokan. Apabila tertelan, maka cacing akan memasuki usus.