Bagi anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama kali adalah tantangan baru Moms untuk mendampinginya. Moms tentu harus menjelaskan beberapa prosesnya. Biasanya anak perempuan akan mengalami menstruasi pada usia 12 atau 13 tahun, namun faktanya anak perempuan saat ini dapat mengalami menstruasi dini dan peningkatannya juga cukup banyak. Saat ini tentu sangat mudah mendapatkan anak perempuan yang mengalami menstruasi pada usia 10 tahun, sementara perkembangan payudara perempuan dan proses pubertas terjadi dua tahun sebelum masa menstruasi. Dapat diperkirakan perubahan kondisi hormonalnya sudah terjadi sejak usia 8 tahun.
source: https://tribunnews.com/
Moms perlu mengetahui bahwa sebenarnya menstruasi dini dapat membahayakan di kemudian hari. Berbagai penelitian tentunya banyak dilakukan. Selain menstruasi, perempuan juga akan mengalami menopause. Menopause adalah kondisi penurunan drastis kesuburan. Rentang waktu mentruasi dan menopause pada setiap perempuan biasanya akan sama. Hal yang dikhawatirkan adalah semakin dini menstruasi akan semakin cepat pula mengalami menopause.

Kondisi perempuan yang mengalami menopause adalah tidak lagi memproduksi hormon estrogen dalam jumlah banyak, hal tersebut menurunkan kesehatan tulang dan jantung. Penyakit akan sangat mudah menyerang perempuan yang sudah mengalami menopause. Jika Moms mempunyai anak perempuan yang mengalami menstruasi dini, ketahuilah penyebabnya.
Pola Hidup dan Pengaruh Hormon
source: https://teens.drugabuse.gov/

Hormon yang memengaruhi menstruasi terjadi sejak dini adalah faktor internal. Hal tersebut terjadi dapat karena kondisi hormonial yang terlalu cepat berkembang atau ada kelainan yang dibawanya sejak lahir. Kondisi hormon ini juga dipengaruhi faktor eksternal yakni pola hidup dan pola makan serta kondisi lingkungan sekitar. Produksi hormon dalam tubuh manusia dipengaruhi oleh pola hidup dan yang paling mempengaruhi adalah pola makan.

Tubuh akan aktif memproduksi hormon estrogen ketika sudah mengalami menstruasi. Hormon tersebut dipengaruhi besar oleh kadar lemak tubuh. Anak perempuan saat ini banyak memiliki kadar lemak sehingga produksi estrogennya berlebih. Moms perlu mengetahui lemak juga bukan hanya berasal dari daging-dagingan atau makanan yang mengandung minyak, tapi juga berasal dari karbohidrat yang tidak diolah menjadi energi. Gula merupakan salah satu bentuk karbohidrat yang dapat menimbun lemak dalam tubuh.

baca juga
Banyak Mengonsumsi Soda
source: https://today.com/
Minuman bersoda dalam sebuah penelitian dapat membahayakan konsisi hormonal anak perempuan. Minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi yang mepengaruhi jumlah kalori harian dan indesk masa tubuh. Moms perlu mengatur konsumsi gula pada anak, karena tidak hanya pada minuman bersoda saja, minuman kemasan yang mengandung gula buatan. Moms sebaiknya membiasakan abak perempuannya mengonsumsi minuman dari bahan alami seperti buah tanpa gula buatan. Jika ingin mengurangi konsumsi gula dapat menggantikannya dengan madu.
Aktivitas Harian
source: http://www.faw.cymru/
Moms dapat membiasakan anak perempuannya untuk dapat bergerak lebih aktif seperti rajin berolahraga. Karena perempuan yang aktif bergerak dapat mempengaruhi kondisi hormonalnya. Moms dapat berolahraga lebih untuk menghindari menstruasi dini pada anak perempuannya.