Ngempeng adalah salah satu kegiatan bayi yang sekaligus menjadi solusi bayi agar tetap menghisap setelah menyusu atau meminum bayi formula. Namun, empeng ini bukan pengganti susu ketika anak masih saja tetap merasa tidak nyaman saat Moms melakukan hal-hal yang membuatnya akan merasa nyaman. Ketahuilah Moms, ngempeng juga memiliki sisi positif dan negatif dalam tumbuh kembang anak.
Sisi Positif
source: https://wartakota.tribunnews.com/

Ada beberapa manfaat dari penggunaan empeng. Bayi yang ngempeng saat tidur malam maupun siang hari memiliki resiko lebih rendah mengalami SIDS/Sudden Infant Death Syndrome (sindrom kematian mendadak pada bayi).

  • Empeng dapat menjadikan pengalihan sementara untuk bayi seperti sebelum dan setelah bayi melakukan imunisasi, tes darah atau prosedur lain.

  • Membantu bayi yang kesulitan tidur, dengan empeng bayi akan tidur dengan lebih  mudah.

  • Untuk menghilangkan kebiasaan bayi menghisap, empeng ini dapat langsung dibuang tidak seperti bayi yang kebiasaan menghisap jempol.

  • Empeng dapat mengalihkan rasa tidak nyaman saat melakukan penerbangan. Empeng ini digunakan saat Moms melakukan travelling bersama bayi untuk meredakan rasa sakit pada telinga karena perubahan tekanan udara.

Selain sisi positif, Moms pasti mengetahui beberapa sisi negatif dari penggunaan empeng oleh bayi.

baca juga
Sisi Negatif
source: https://bolehkah.com/

Moms perlu mengetahui penggunaan empeng dapat meninglatkan resiko infeksti telinga bagian tengah pada bayi. Mengapa demikian? Infeksi ini biasanya lebih rendahpada bayu yang masih kecil yang masih rentan mengalami infeksi telinga. Penggunaan empenng ini pula dapat menggaggu keberhalsilan menyusu, karena bayi akan merasa bingung puting. Moms perlu menunggu si kecil mahir menyusu sebelummemperkenalkan empeng, karena menghisap payudara dan empeng merupakan dua hal; yang berbeda dan akan lebih baikjika bayi lebih banyak menyusu ASI dibandingkan dengan ngempeng.

Menghisap empeng bisa menjadi kebiasaan. Banyak orang tua yang tidak memberikan anaknya empeng, karena ketakutan sulit menghentikan kebiasaan tersebut.jika Moms melakukan cara ini, Moms perlu menghentikannya sebelum usia 1 tahun. Moms dapat menawarkan empeng di antara waktu menyusui, saat bayi tidak sedang lapar. Moms tidak perlu memaksa bayi untuk menghisap empeng, jika tidak ingin menjadi kebiasaan. Moms juga jangan mempergunakan empeng sebagai pengganti kegiatan menyusu. Kenalilah cara-cara memberikan dan memisahkan bayi terhadap empeng.