Meski menuai pro dan kontra, namun dilansir dari Healthline.com, melakukan hubungan badan saat menstruasi memiliki efek positif tersendiri yaitu: 
  • Meredakan kram
Banyak wanita yang mengalami kram saat menstruasi. Ternyata hubungan badan dapat meredakan kram yang dirasakan wanita. Ketika orgasme, wanita merasakan kenikmatan sehingga mampu mengurangi kram yang dirasakan. Selain itu, seks juga mendorong pelepasan hormon endorfin yang membuat perasaan lebih baik. 
  • Periode menstruasi lebih pendek
Hubungan badan saat menstruasi dapat membuat periode menstruasi lebih singkat atau pendek. Orgasme mendorong rahim mengeluarkan darah menstruasi dengan cepat sehingga menstruasi selesai dengan cepat. 
  • Pelumas alami
Kamu dan pasangan tak perlu repot menggunakan produk pelumas karena darah dapat menjadi pelumas alami saat berhubungan seks. 
  • Redakan sakit kepala
Saat menstruasi, banyak wanita yang mengalami rasa tidak enak badan dan sakit kepala. Ternyata seks dapat mengurangi sakit kepala yang dirasakan itu. 
 
Amankah Berhubungan Seks saat Menstruasi? Ini Jawabannya, Moms!
source: https://www.familylifecanada.com

 

Efek Negatif

Meski ada efek positifnya, namun hubungan badan saat menstruasi juga memberikan efek negatif. Selain ketidaknyamanan karena adanya darah, berhubungan seks saat mens berisiko terjadi penyebaran infeksi menular seksual seperti HIV atau hepatitis. Virus-virus ini hidup dalam darah, dan dapat menyebar melalui kontak dengan darah menstruasi yang terinfeksi. Menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks dapat mengurangi risiko penyebaran virus-virus ini.
 
Efek Negatif
source: http://www.arrajol.com

 
baca juga

Apakah Bisa Menyebabkan Wanita Hamil?

Meski terjadinya kehamilan cukup rendah ketika berhubungan badan selama menstruasi, namun tidak berarti wanita bisa hamil. Untuk itu, jika tidak ingin hamil sebaiknya pasangan perlu menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom untuk mencegah kehamilan dan tertular virus dalam darah. 
 
Apakah Bisa Menyebabkan Wanita Hamil?
source: https://www.healthyeatinghub.com.au

 

Tips Hubungan Badan selama Menstruasi

  1. Jujur dan terbuka dengan pasangan, terkait bagaimana perasaannya tentang hubungan badan selama menstruasi. Ungkapkan juga bagaimana perasaanmu. 
  2. Cari tempat berhubungan seks yang aman, seperti di kamar mandi. Setelah selesai, kamu dan suami dapat langsung membersihkan badan. 
  3. Minta suami memakai kondom untuk mengurangi risiko penyakit menular dan kehamilan. 
Tips Hubungan Badan selama Menstruasi
source: http://www.abc.net.au