Berpotensi Obesitas

source: http://www.netralnews.com/
Ini yang paling banyak ditakutkan oleh para ibu. Moms perlu mengetahui bahwa kandungan enzim pemecah protein eperti, pepsin, lipase dan amilase akan dapat diproduksi baik pada saat bayi berusia 6 bulan. Sebelum menginjak usia tersebut tubuh bayi belum sempurna melakukan proses pemecahan sari-sari makanan. Hal tersebut menjadi peringatan untuk para ibu menunda pemberian MPASI sampai 6 bulan agar tidak terjadinya peluang obesitas.
Bayi Kesulitan Mencerna Makanan dengan Baik
source: http://doktersehat.com/
Bayi dibawah usia 6 bulan belum mampu mencerna makanan dengan baik. Ketika para ibu memberikan makanan bayi sebelum waktunya, organ tubuh bayi bekerja keras mengolah makanan yang masuk, padahal organ tersebut belum memiliki kesempatan berkembang dengan baik. Hal yang tidak diinginkan seperti gangguan pencernaan pun dapat terjadi, seperti konstipasi atau timbulnya gas.
baca juga
Berpotensi Mengalami Alergi
source: https://perawatanbayi.com/
Belum siapnya organ tubuh bayi menghadapi zat-zat makanan yang dikonsumsi akan menimbulkan reaksi imun, akibatnya akan terjadi alergi terhadap makanan yang dikonsumsi. Keadaan usus bayi di bawah usia 6 bulan masih terbuka, sehingga protein-protein MPASI yang mengakibatkan bayi mengalami alergi, kemudian bakteri patogen akan masuk ke dalam aliran darah.
Kuman Mudah Masuk
source: https://bidanku.com/
Kesempatan kuman masuk ke dalam tubuh bayi usia di bawah 6 bulan sangat mudah. Bukan hanya organ tubuh, tetapi daya imunitas bayi belum siap untuk memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh bayi, meskipun makanan yang kita olah merupakan makanan sehat. Menurut penelitian, bayi yang sudah diberi MPASI sebelum waktunya paling tidak akan mengalami diare, sembelit, demam atau batuk-pilek.

Sudah tahu apa resikonya 'kan, Moms? So, meskipun kebiasaan yang dilakukan orang-orang terdahulu tetap harus diperhatikan risikonya, makanan sehat itu memang harus diberikan kepada anak tapi jangan sampai terlalu dini ya Moms, karena risikonya tak hanya sekedar membuat perut anak buncit. Menjaga untuk tidak terjadi sesuatu yang buruk lebih baik bukan? Yuk pelajari lagi mengenai cara merawat bayi, Moms!