1. Merusak Gigi Anak

Minum susu sambil tidur akan membuat anak cepat mengantuk dan tertidur pulas. Jika Moms membiarkan anak minum susu sambil tiduran setiap hari maka gigi si Kecil akan cepat rusak karena sisa-sisa susu dan gula akan mengendap dan tak sempat dibersikan karena anak sudah terlanjur tidur nyenyak. Untuk mengatasinya, ambil botol susu ketika anak mulai mengantuk dan rayu ia untuk meyikat giginya sebelum tidur. 
 

Stop! Ini Dampak Negatif Bila Anak Minum Susu Sambil Tiduran
source: https://www.freepik.com

2. Berisiko Anak Tersedak 

Sebuah penelitan menyebut bahwa anak yang minum susu dengan botol sambil tiduran dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gejala pernapasan kronis pada bayi. Karena terlalu asyik minum susu dari botol sambil tiduran maka anak berisiko mengalami tersedak karena cairan susu bisa masuk ke paru-paru mereka. Jika ini terjadi maka lebih membahayakan dibanding tersedaknya orang dewasa, karena anak belum bisa refleks bangun atau terbatuk seperti orang dewasa. Jadi akan lebih baik jika si Kecil minum susu sambl duduk atau Moms bisa membelikannya kursi khusus bayi agar ia lebih nyaman ketika minum susu dari botol. 
 

Stop! Ini Dampak Negatif Bila Anak Minum Susu Sambil Tiduran
source: https://videoblocks.com
baca juga

3.  Risiko Infeksi telinga

Saat anak minum susu dengan botol sambil tidur, maka susu bisa mengalir melalui rongga telinga, sehingga dapat menyebabkan infeksi telinga. Si Kecil yang minum susu dengan botol lebih berisiko untuk mengalami infeksi telinga pada tahun pertama kehidupannya, dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI. Namun jika anak sudah terbiasa minum susu dengan botol sambil tidur, cobalah untuk membiasakannya minum susu sambil duduk atau dipangku untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Stop! Ini Dampak Negatif Bila Anak Minum Susu Sambil Tiduran
source: https://www.istockphoto.com

Tips untuk menjaga kebersihan gigi si Kecil: 

  1. Jangan berikan  Si kecil susu formula yang ditambahkan gula.
  2. Setelah selesai minum susu bilaslah dengan air. Caranya, berikan dot yang berisi air putih untuk membesihkan rongga mulut dan gigi.
  3. Bersihkan mulut anak dengan kain kasa atau kain handuk lembut hingga bagian lidah dan tepi bibir meskipun gigi anak baru tumbuh satu. 
     
Stop! Ini Dampak Negatif Bila Anak Minum Susu Sambil Tiduran
source: https://www.freepik.com