Melahirkan dengan metode gentle birth adalah persalinan alami yang dapat membuat ibu dan bayi senang serta menghindari ibu dari trauma melahirkan yang dianggap menakutkan.
 
Lalu apa saja manfaat melahirkan dengan metode gentle birth?

1. Mengurangi Trauma
Tak sedikit wanita yang mengalami trauma usia melahirkan. Rasa cemas dan ketakutan biasanya menjadi faktor utamanya. Sedangkan melahirkan dengan menggunakan metode gentle birth akan membuat ibu lebih tenang dan semua ketakutan ibu hilang karena memang menggunakan unsur alami seperti salah satunya persalinan di dalam air atau water birth.

Persalinan dengan metode ini umumnya dapat menghindari ibu dari kehebohan selama persalinan sehingga dapat mengurangi trauma.

source: http://hellodoktor.com


2. Efek Relaksasi
Saat ini melahirkan dengan di dalam air sudah tak asing lagi karena memang memiliki manfaat yang baik untuk ibu salah satunya adalah efek relaksasi. Pasalnya, air dapat memberikan efek tenang dan santai untuk ibu hamil yang akan melahirkan. Air hangat juga dapat membantu ibu dapat lebih teratur bernapas sehingga dapat mengurangi rasa sakit saat kontraksi.

source: http://inspirationmidwifery.com
baca juga


3. Lebih Mudah Bergerak
Dalam keadaan mengapung di dalam air maka akan membuat ibu lebih mudah bergerak karena ibu biasanya akan merasa lebih rendah sehingga dapat mencari posisi melahirkan yang nyaman. Walau begitu, pastikan bahwa posisi tersebut dapat mempermudah bayi saat lahir dan tetap menjaga posisi lutut yang lebih rendah dari panggul.

source: http://www.kadinlardunyasi.com


4. Lebih Tenang
Sebagian wanita akan lebih dapat mengendalikan tubuhnya saat ia berada di dalam kondisi yang tenang dan lebih privasi. Kondisi tersebut tentu saja dapat membuat ibu lebih nyaman saat melahirkan.

source: https://www.babycenter.com