1. Kompres dengan Es

Setelah melalui proses melahirkan dengan perineum yang telah dijahit, pastinya Moms akan merasakan sakit dan perih pada area tersebut. Nah, untuk meredakan sedikit rasa sakit gunakan es yang dibungkus dengan lapisan yang halus di area perineum kamu. Namun biasanya perawat mungkin akan memberikannya kompres es sebelum moms memintanya. Kompres es ini cukup bermanfaat untuk bisa mengurangi bengkak dan rasa sakit pada perineum Moms. 

Ini Caranya Merawat Area Perineum Setelah Melahirkan
source: https://www.mesinraya.co.id

2. Gunakan Semprotan Air Hangat 

Luka perineum yang masih baru tentunya akan terasa perih dan sakit terutama jika Moms ingin buang air kecil. Nah, untuk mengatasinya gunakan botol semprot yang disediakan rumah sakit untuk menuangkan air hangat pada perineum ketika Moms ingin buang air kecil. Air dari botol ini bisa mengencerkan urin hingga tidak membakar kulit terlalu banyak ketika terjadi kontak kulit dan air seni. Kemudian ketika sudah selesai, bilas area perineum dengan semprotan lain yang baru. 

Ini Caranya Merawat Area Perineum Setelah Melahirkan
source: https://AliExpress.com
baca juga

3. Ganti Pembalut Setiap dari Kamar Mandi 

Ketika Moms ingin ke kamar mandi untuk buang air kecil atau aktivitas lain yang harus membuka celana, ada biknya untuk segera mengganti pembalut setelahnya. Hal ini penting karena setelah pembalut terbuka ada kemungkinan terjadinya kontaminasi bakteri pada cairan yang ada di pembalut. Oleh sebab itulah pharus sering dilakukan penggantian pembalut sehingga tidak terjadi penumpukan kotoran di pembalut dan tidak mengundang berkembangnya bakteri.  Selain itu luka perineum juga harus dibersihkan dengan air mengalir saat mandi agar tidak ada kotoran yang di sekitar perineum. 

Ini Caranya Merawat Area Perineum Setelah Melahirkan
source: https://www.newvision.co.ug

4. Konsumsi Serat dan Makanan Berprotein 

Saat perineum Moms dirobek oleh dokter ketika proses melahirkan normal, maka otomatis luka jahitan akan terasa sakit selama beberapa hari. Oleh karena itu dianjurkan untuk moms mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan berprotein tinggi agar luka jahitan cepat sembuh. Selain itu saat buang air kecil bisa saja  terjadi kontaminasi dapat terjadi akibat dari kontak antara urin dengan rectum, sehingga dianjurkan luka perineum untuk dicuci dangan sabun kusus hingga bersih. Namun terlebih dahulu konsultasikan pada dokter, sabun apa yang tepat untuk mencucui perineum yang masih luka. 

Ini Caranya Merawat Area Perineum Setelah Melahirkan
source: https://www.freepik.com