Menurut beberapa ibu hamil yang pernah menggunakan BPJS untuk melahirkan di kota lain, prosedurnya lumayan berliku dan memakan waktu yang tak sebentar. Namun, demi dekat dengan keluarga, yuk cobalah untuk mengurusnya. Berikut beberapa prosedurnya yang perlu kamu ikuti:
 
Moms, Begini Cara Gunakan BPJS untuk Melahirkan di Luar Kota
source: https://www.panduanbpjs.com

 

Buat Surat Pengantar dari BPJS

Saat akan melahikan di luar kota atau daerah lain, kamu wajib mendapatkan surat pengantar dari BPJS. Tujuannya, agar fasilitas kesehatan (faskes) yang kamu pilih memiliki kewenangan atau legalitas menerimamu. Berikut langkah-langkah mendapatkan surat pengantar: 
  1. Buatlah surat keterangan domisili yang bisa didapat dari RT/RW tempatmu tinggal sementara. 
  2. Tentukan faskes terdekat, tempatmu nanti akan melakukan proses persalinan. 
  3. Datang ke kantor BPJS untuk mendapatkan surat pengantar ke faskes yang telah kamu tentukan. Jangan lupa untuk membawa surat keterangan domisili dan tentunya kartu BPJS dan e-KTP. 
  4. Datang langsung ke faskes dengan membawa surat pengantar dari BPJS, e-KTP dan kartu BPJS. 
Buat Surat Pengantar dari BPJS
source: https://www.motherandbaby.co.uk

 
baca juga

Segera Pindah Faskes

Selain membuat surat pengantar, kamu juga bisa pindah faskes sesuai dengan lokasi kota atau daerah tempatmu akan melahirkan. Berikut beberapa prosedur yang wajib dilakukan saat pindah faskes: 
  1. Buat surat keterangan domisili dari RT/RW setempat
  2. Datang ke BPJS setempat untuk melakukan perubahan data faskes, tentunya dengan membawa surat keterangan domisili. Di sini kamu akan mendapatkan kartu BPJS yang baru dan faskes yang sudah perbaharui. 
  3. Silahkan datang ke faskes tingkat 1 untuk melakukan proses persalinan. 
Segera Pindah Faskes
source: https://www.familyeducation.com

 

Untuk Ibu Hamil dengan Kondisi Darurat

Untuk ibu hamil yang berada dalam kondisi gawat darurat, BPJS memberikan kemudahan dengan tidak perlu mengurus surat pengantar ataupun surat rujukan. Kamu tetap bisa langsung datang ke Unit Gawat Darurat untuk segera ditangani. BPJS akan menanggung biaya persalinan secara penuh. Jangan lupa membawa dokumen-dokumen seperti kartu BPJS, e-KTP, surat keluarga ataupun dokumen lain yang diperlukan.
 
Untuk Ibu Hamil dengan Kondisi Darurat
source: http://stateofopportunity.michiganradio.org

Nah, itu dia beberapa prosedur BPJS yang diperlukan saat melahirkan di luar kota, Moms!