1. Sebelum Prosedur

Kuretase merupakan prosedur untuk membersihkan rahim pasca keguguran, aborsi maupun untuk mengeluarkan polip, plasenta, gumpalan akibat hamil anggur serta mengangkat tumor jinak. Alat yang digunakan selama kuretase disebut kuret. 

Biasanya sebelum melakukan kuretase, dokter akan menanyakan kondisi kesehatan ibu apakah alergi terhadap obat-obatan, sedang hamil ataupun sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Kadang dokter juga meminta untuk membatasi makanan dan minuman sebelum kuretase dilakukan. 
 
1. Sebelum Prosedur
source: https://knews.kg

 

2. Pembiusan dan Dilatasi

Umumnya sebelum kuretase dimulai, ibu akan dibius agar tidak merasakan sakit. Jenis bius berbeda-beda sesuai dengan proses dan kondisi pasien. Setelah itu, barulah masuk ke tahap awal yaitu pembukaan leher rahim atau dikenal dengan dilatasi. Bagi ibu yang mengalami keguguran, tentu leher rahimnya belum terbuka atau selebar ibu yang sudah melahirkan. Agar memudahkan kuretase, dokter akan melakukan dilatasi sehari atau beberapa jam sebelumnya.  
Dilatasi dilakukan menggunakan obat, atau dengan menempatkan alat bernama laminaria untuk menyerap cairan pada leher rahim dan mengembang, sehingga dapat melebarkan leher rahim untuk mempermudah proses kuret.
 
2. Pembiusan dan Dilatasi
source: https://www.healthline.com

 
baca juga

3. Proses Kuretase

Setelah alat dilatasi dilkeluarkan, dilanjutkan dengan melakukan kuretase menggunakan kuret, sebuah alat tipis serupa sendok dengan tepi tajam dan alat hisap bernama kanula untuk mengeluarkan jaringan rahim. Kuretase biasanya memakan waktu yang cukup singkat tak sampai satu jam. Ibu pun kadang tidak merasakan apa-apa karena sudah dilakukan pembiusan sebelumnya. 
 
3. Proses Kuretase
source: https://www.glowm.com

 

4. Pasca Kuretase

Setelah pengangkatan semua jaringan rahim telah selesai, ibu akan dimonitor selama beberapa jam untuk memastikan sudah pulih dan tidak mengalami komplikasi serta memulihkan diri dari efek anestesi. Jika ibu dalam kondisi baik, maka dalam beberapa jam sudah bisa pulang. Disarankan untuk bedrest di rumah sejenak dan tidak melakukan pekerjaan yang cukup berat. Setelah beristirahat sehari penuh, ibu pun bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa! 
4. Pasca Kuretase
source: https://www.bundoo.com