Beberapa para ahli menyarankan agar ibu tetap memberikan ASI dibanding susu formula. Pasalnya, ASI justru memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan bayi untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya. Perlu diketahui bahwa kandungan pada susu formula bahkan tidak sebanding dengan ASI.
 
Oleh karena itu, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi terutama bayi prematur. Namun, pemberian ASI kepada bayi prematur sedikit berbeda dengan bayi normal. Berikut aturan pemberian ASI kepada bayi prematur yang harus ibu ketahui:


1. Menggunakan Sendok
Bayi prematur tubuhnya akan lebih kecil dibanding bayi normal. Untuk hari-hari pertama memberikan ASI, ibu disarankan untuk memberikannya dengan menggunakan sendok sebanyak 8 hingga 1 kali dalam sehari. Pasalnya, bayi prematur belum memiliki refleks mengisap yang baik, tapi refleks menelannya sudah ada.

source: http://frediedesi.blogspot.co.id


2. Jangan Memberikan Botol
Memberikan ASI melalui sendok akan membuat bayi menghisap sedikit demi sedikit sehingga menghindari bayi mengalami risiko tersedak. Walaupun terlihat lebih berisiko, namun memberikan ASI menggunakan botol pada bayi prematur justru akan membuatnya tersedak yang akan berisiko pada kesehatannya.

source: http://perawatanbayi.com
baca juga


3. Mengarahkan Puting Pada Bayi
Bayi prematur umumnya belum memiliki refleks menghisap yang baik, selain menggunakan sendok. Ibu bisa secara perlahan mengajari bayi mengisap ASI secara langsung dengan cara mengarahkan puting pada bayi.

Walaupun membutuhkan waktu yang cukup, namun jika dilakukan secara perlahan akan membuat bayi mulai bisa mengisap ASI secara langsung. Selain itu, mengisap ASI secara langsung juga dapat mengurangi bayi mengalami infeksi yang disebabkan oleh wadah yang kurang higienis.

source: https://www.amazonaws.com


Untuk memberikan ASI pada bayi prematur memang membutuhkan kesabaran yang ekstra. Ibu sebaiknya juga meminta saran kepada dokter aturan pemberian pada bayi prematur yang tepat agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.
 
Perlu diketahui bahwa memberikan ASI pada bayi prematur dapat membantu bayi mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh kembang dan kesehatannya. Tak hanya itu, memberikan ASI kepada bayi juga akan menumbuhkan kedekatan emosional untuk ibu dan juga bayi.