Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Bagi beberapa perempuan, berhubungan seksual bisa meninggalkan rasa nyeri. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan seperti menurunya hormon estrogen dalam tubuh dan konsumsi pil hormonal sehingga vagina Kamu menjadi kering. Nyeri juga bisa disebabkan karena trauma dan luka saat berhubungan seksual. 

Nyeri Saat Berhubungan Seksual
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4rT_iJNXn0Px4GX1nam7WJl2_ShANvxTtYEvO41pK4unnazx37H6dn58t

Herpes

Lepuhan kulit atau luka pada kulit bisa menjadi gejala herpes genital. Herpes ditularkan melalui hubungan seksual atau tidak bersihnya daerah kewanitaan kamu. Sebagian besar orang tidak menyadari telah terinfeksi virus herpes, karena bisa hilang sendiri. Namun apabila nyeri menganggu, obat-obatan antivirus bisa membantu meski tidak bisa seratus persen menghilangkan virus herpes dari dalam tubuh. 

Herpes
source: https://lh6.googleusercontent.com/proxy/HpvBD29Lz9_K7B3n6VFTI1gTiPIvfI50xeBl63YtRlIP6ZbpuURsmSWglSGEUuRxMI9RYgDnQel6kHJAau1XVrJmTEcqk22OEhsuHlnxUzvB39w3yKZNPB9c3GnmodRE6U3zho4VxA=w470-h313-nc
baca juga

Infeksi Jamur

Setiap vagina sehat pasti mengeluarkan cairan yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak disertai gejala lain seperti gatal dan nyeri. Tapi, infeksi jamur bisa menyebabkan cairan menjadi putih kental, gatal dan berbau. Tidak hanya gatal, bahkan terkadang disertai rasa kering  dan  nyeri pada sekitar vagina. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh jamur Candida albicans. Sementara vaginosis bakterialis menyebabkan cairan berbau amis dan berwarna abu-abu. Selain jamur, beberapa penyakit menular seksual lain juga bisa menyebabkan rasa gatal dan perih. Untuk menanganinya Moms perlu berobat ke dokter.

Infeksi Jamur
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRhOze7yEPdbeWnNE5sWxmiaJXmRxtrI2IsKNdz7MRLhKzfzPvij_DeGmh1

Endometriosis atau Radang Panggul

Endometriosis seringkali di awali dari nyeri saat penetrasi seksual, haid disertai nyeri panggul. Endometriosis terjadi karena jaringan yang melapisi rahim tumbuh di tempat lain selain rahim. Biasanya rasa nyeri terasa di sekitar vagina, bahkan kadang disertai pendarahan.

Endometriosis atau Radang Panggul
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQQguVkqqAcnlgFkCB-jmeDyRCE1Wfra6cqS5Ce4IwrU6On3M_ARA
baca juga

Vulvodynia

Sejumlah 9 % perempuan mungkin mengalami rasa nyeri ini di sekitar organ kewanitaan. Biasanya dialami saat penetrasi, memasang tampon, atau timbul tanpa adanya penyebab. Jika rasa nyeri sudah menganggu, dokter akan memberikan obat anti nyeri.

Nah Moms, rasa nyeri di organ kewanitaa  akibat hal-hal di atas bisa hilang jika penyebabnya sudah di atasi. Tapi jika rasa nyeri tersebut terjadi terus-menerus segera hubungi dokter untuk pmeriksaan lebih lanjut.