1. Rendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam 

Penyebab moms sulit tidur di malam hari alias insomnia adalah dikarenakan kaki yang membengkak dan diikuti rasa sakit serta pegal. Hal ini tentunya membuat moms tidak nyaman dan sulit tidur akibat kaki yang terasa pegal. Cara mengatasinya cukup mudah, yakni dengan merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garaam ketika merasakan pegal dan kaki pada telapak kaki. Cara sederhana ini ternyata bisa membantu tidur moms lebih nyenyak karena dapat meregakan rasa sakit itu. Selain itu fungsi garam juga dapat melembutkan kulit telapak kaki yang keras atau kering. 

 

Ibu Hamil Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara Mengatasinya!
source: https://imadanalis.blogspot.com

2. Jangan Makan Banyak Menjelang Tidur 

Sebagai ibu hamil tentunya bunda akan merasa sering lapar dan selalu ingin mengonsumsi sesuatu seperti camilan manis atau gurih. Nah hati-hati jika keinginan makan menjelang tidur itu datang karena akan membuat moms sulit tidur.  Cobalah untuk menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saat menjelang tidur. Moms bisa menggantinya dengan buah segar atau segelas susu hangat yang bisa membuat moms tidur terlelap. 
 

Ibu Hamil Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara Mengatasinya!
source: https://videohive.net
baca juga

3. Matikan Lampu dan Dengarkan Musik 

Membuat suasana kamar yang nyaman dan tenang bisa membantu moms untuk tidur lebih cepat dan pulas ketika hamil. Meskipun beberapa gangguan seperti rasa lapar, pegal-pegal tidak bisa dihindari, namun moms harus menciptakan suasana yang tenang dan nyaman untuk tidur di malam hari. Nah, salah satunya cara adalah dengan mematikan lampu dan mendengarkan lagu-lagu favorit. 
 

Ibu Hamil Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara Mengatasinya!
source: https://babycenter.com

4. Minta Tolong Suami Untuk Memijat 

Beberapa titik yang membuat moms nyaman dan bisa tidur lebih cepat adalah dengan melakukan pijatan di punggung atau kaki . Mintalah bantuan suami untuk memijat memijat. Sentuhan lembut pasangan juga menambah rasa nyaman dan tenang saat tidur. Betul tidak moms? 
 

Ibu Hamil Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara Mengatasinya!
source: https://www.zenin.com.au
baca juga

5. Olahraga Ringan 

Hamil bukan berarti moms membatasi aktivitas fisik misalnya berolahraga di pagi dan sore hari. Moms bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga atau senam hamil. Dengan begitu peredaran darah akan menjadi lancara dan memudahkan moms untuk tidur di malam hari. 
 

Ibu Hamil Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara Mengatasinya!
source: https://parents.com