1. Anak Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab

Karena sudah dibiasakan untuk membersihkan sisa makanan di rumah atau menyapu lantai yang kotor, anak menjadi sadar dan mengerti artinya kebersihan. Dengan begitu ia merasa bertanggung jawab terhadap apapun yang ada di rumahnya dan tidak tergantung pada ibunya. Nah, nilai-nilai seperti itu akan membentuknya jadi pribadi yang lebih bertanggung jawab untuk hal-hal lain yang ia dapatkan dalam hidupnya. 
 

Manfaat Membiasakan Anak Membantu Pekerjaan Rumah Tangga
source: https://www.foreignlanguagesforkids.com

2. Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak 

Karena kepribadiannya sudah terbiasa dengan melakukan tanggung jawabnya di rumah, maka kemampuan mental anak bisa berkembang dengan lebih baik saat ia diberi tanggung jawab atau tugas. Nah, dengan melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga juga bisa melatih kemampuan motorik kasarnya. Sehingga anak bisa tumbuh jadi pribadi yang lebih mandiri dan percaya diri karena bisa mendapat kepuasan tersendiri saat akhirnya bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. 

 

Manfaat Membiasakan Anak Membantu Pekerjaan Rumah Tangga
source: https://www.whatsupfagans.com
baca juga

3. Anak Memiliki Hubungan yang Baik dengan Keluarga

Sejak dini anak menjadi sadar tentang saling membantu di dalam keluarga sehingga ia akan memiliki hubungan yang baik dengan keluarga dan sahabat. Meskipun telah dewasa, rasa tanggung jawab tidak akan lepas dari dirinya karena sudah menempel sejak kecil hingga anak dewasa. Hal ini karena pekerjaan rumah tangga mengajari anak pentingnya membantu keluarga dan bekerjasama. Positifnya ini akan membentuk rasa empati ketika ia dewasa. 
 

Manfaat Membiasakan Anak Membantu Pekerjaan Rumah Tangga
source: http://godllywood.com

4. Anak Akan Lebih Sukses di Masa Depan 

Seorang peneliti dari University of Minnesota, Dr Marty Rossmann menganalisis data dari studi panjang terhadap 84 anak selama masa hidup mereka. Rossmann menemukan, individu yang membantu melakukan tugas rumah tangga semasa kecil tumbuh sebagai pribadi yang lebih sukses secara akademis maupun karier. Hal ini terjadi karena rasa tanggung jawab mereka telah terbentuk dan tertanam dalam benak melalui tugas-tugas sederhana seperti mencuci piring. Tak hanya itu, dengan membantu menyelesaikan tugas rumah tangga, anak pun belajar nilai-nilai penting macam kesabaran, keuletan, bekerja sama, serta etos kerja.
 

Manfaat Membiasakan Anak Membantu Pekerjaan Rumah Tangga
source: http://www.scholastic.com