1.  Perdarahan

Pedarahan merupakan kondisi yang umum dialami setiap ibu pasca melahirkan. Akan tetapi, kondisi ini biasanya hanya terjadi sampai beberapa minggu setelah melahirkan saja moms. Pada awalnya perdarahan berwarna merah terang diikuti dengan gumpalan darah, kemudian warnanya akan berubah menjadi lebih cerah sampai cokelat kemerahan, kemudian lama kelamaan akan menghilang. Namun jika kondisi lain seperti terjadi perdarahan hebat, ada baiknya moms segera memeriksakan diri ke dokter. 
 

Siap-siap, Ini Masalah-masalah yang Dihadapi Ibu Pasca Melahirkan
source: https://www.familyeducation.com

2. Baby Blues

Beberapa wanita setelah melahirkan mengalami baby blues alias perasaan yang sangat sedih di hari-hari setelah bayi lahir. Gejalanya moms akan mudahmenangis, mudah tersinggung, dan sedikit tertekan. Selain itu, bisa terjadi perubahan mood yang cepat dari sedih menjadi senang. Gejala ini dialami ibu selama beberapa jam dalam satu hari. Namun, seiring waktu berjalan gejala akan berkurang dan umumnya akan menghilang setelah 7-14 hari. Tapi jangan dibiarkan terlalu berlarut-larut ya moms dan minta dukungan suami untuk mengembalikan mood menjadi baik kembali. 
 

Siap-siap, Ini Masalah-masalah yang Dihadapi Ibu Pasca Melahirkan
source: http://www.freepressjournal.in
baca juga

3. Mastitis

Mastitis merupakan penyakit yang sering menjangkiti pada ibu yang sedang dalam kondisi menyusui bayi. Tanda penyakit ini adalah peradangan pada bagian payudara yang disertai dengan kemerahan pada kulit hingga sampai di puting payudara. Kondisi seperti ini menjangkiti ibu mulai di tiga bulan awal. Namun sering juga dialami oleh para ibu yang sudah menyusui cukup lama.

Terdapat 2 jenis mastatis yang digolongkan menurut penyebabnya:

  • Mastitis tanpa infeksi (stasis ASI) Disebabkan peyumbatan jaringan ASI, sehingga terjadi penumpukan didalam payudara dan mengakibatkan bengkak kadang hingga meradang.
  • Mastitis terinfeksi Disebabkan karena bakteri staphylococcus aureus
Siap-siap, Ini Masalah-masalah yang Dihadapi Ibu Pasca Melahirkan
source: https://www.freepik.com

4. Sulit Buang Air Kecil 

Proses persalinan caesar maupun normal wanita pasca melahirkan pasti akan mengalami sulit buang air kecil dan akan berlangsung selama 24 jam pertama setelah bayi lahir. Hal ini terjadi karena kandung kemih membutuhkan waktu selama seperempat hari untuk melakukan pengosongan usai melahirkan. Tak perlu cemas karena kondisi ini bukan masalah besar dan untuk mengtasinya moms bisa mengonsumsi air putih lebih banyak dan buah-buahan yang banyyak mengandung air. 
 

Siap-siap, Ini Masalah-masalah yang Dihadapi Ibu Pasca Melahirkan
source: https://pregnancy.lovetoknow.com