Tahukah Moms, menggunakan sabun pembersih saat hamil sebenarnya tidak disarankan karena bisa berisiko bagi janin, di antaranya: 

1. Vagina Mudah Terserang Bakteri 

Perlu Moms ketahui, sebenarnya vagina memiliki flora normal yang bermanfaat untuk wanita. Jika sering membersihkan vagina ketika masa kehamilan, flora normal yang bertugas mencegah bakteri itu akan mati. Nah, dampaknya adalah vagina jadi rentan dengan serangan bakteri. Saat flora normal tidak ada, bakteri jadi mudah menginfeksi dan akhirnya membuat vagina jadi gatal hingga mungkin terjadi keputihan tidak normal. Jika Moms ingin membersihkan vagina ada baiknya gunakan air hangat untuk mencucinya agar lebih aman. Dengan begitu pH dari vagina akan normal dan infeksi yang bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur bsia dihindari. 

Menggunakan Pembersih Vagina Saat Hamil, Amankah?
source: https://Liputan6.com

2. Risiko Kehamilan Ektopik 

Tahukah Moms, sabun pembersih vagina bisa meningkatkan risiko kehamilan ectopic sebesar 76 persen. Kehamilan ektopik ini terjadi dimana janin berada di luar rahim. Hal yang mengerikan adalah perempuan yang menggunakan sabun pembersih sebanyak satu kali dalam seminggu akan lebih rentan sulit hamil dibanding yang tidak.
 

Menggunakan Pembersih Vagina Saat Hamil, Amankah?
source: https://hellosehat.com
baca juga

3. Berisiko Menimbulkan Pelvic Inflammatory Disease (PID)

Tak hanya bisa mengganggu janin yang ada di dalam kandungan, menggunakan pembersih vagina pada ibu hamil bisa menyebabkan timbulnya penyakit Pelvic Inflammatory Disease (PID). Penyakit ini merupakan radang pada bagian pelvis yang sering dialami ibu hamil akibat adanya bakteri jahat yang masuk ke dalam organ pelvis. Duh, mengerikan ya Moms! 
 

Menggunakan Pembersih Vagina Saat Hamil, Amankah?
source: http://www.netralnews.com

4. Berisiko Kanker Serviks 

Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga militer AS, penggunaan sabun pembersih kewanitaan secara rutin berisiko meningkatkan kemungkinan terserang kanker serviks. Nah, penyakit kanker serviks ini tentu akan sangat membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. 
 

Menggunakan Pembersih Vagina Saat Hamil, Amankah?
source: https://theconversation.com