Berikan Obat Cacing Kepada Anak

source: http://www.goodhousekeeping.com

Cacing yang masuk ke tubuh berukuran sangat kecil, hanya 2 mm, sehingga susah dilihat atau tidak kasat mata. Siklus kehidupan cacing berlangsung sekitar 6 minggu, setelah itu gatal yang dirasakan Si Kecil akan menghilang sendirinya, dengan catatan tidak ada infeksi cacing baru. Tapi karena agak sulit mencegah penularan berikutnya, maka sebaiknya anak cacingan diberikan pengobatan. Obat cacing bisa kamu beli sendiri di apotik. Gunakan sesuai dosis yang tertera pada kemasan obat. Biasanya obat cacing di pasaran diperuntukkan untuk anak di atas 2 tahun. Apabila yang terkena cacingan adalah anak di bawah 1 tahun, maka konsultasikan mengenai obat dan dosis yang diberikan kepada dokter.

 

Bawa Anak Ke Dokter

source: http://www.familius.com
Apabila anak sudah mengonsumsi obat cacing seperti anjuran, namun keluhannya tidak kunjung reda, maka segeralah bawa anak untuk diperiksa ke dokter. Untuk memastikan anak benar-benar terinfeksi cacing, dokter akan melakukan pemeriksaan tinja. Selain itu, bawa anak ke dokter, apabila ia merasakan efek samping dari obat cacing yang diminum. Mungkin saja anak merasakan efek seperti reaksi alergi, pusing, sulit tidur, mual, muntah, nyeri perut, atau diare.

 
baca juga

Cuci Handuk, Seprei dan Baju Anak

source: https://www.reference.com
Agar anak tidak terinfeksi kembali, maka cucilah semua perlengkapan yang dipakai anak seperti handuk, seprei dan baju. Ini berguna untuk mematikan telur cacing yang mungkin hinggap di benda-benda tersebut. Dengan mencucinya, maka risiko anak kembali terkena penyakit cacingan semakin kecil. Jangan lupa juga untuk mengajak anak hidup bersih, dengan mencuci tangan sebelum makan, tidak jajan sembarangan, memakai alas kaki keluar rumah dan sebagainya.

 

Sebaiknya Semua Penghuni Rumah Mengonsumsi Obat Cacing

source: http://www.ctlaw.co.nz

Kemungkinan penularan cacing sangat besar di antara penghuni rumah, apalagi kalau menggunakan peralatan seperti handuk dan seprei secara bersama-sama. Oleh karena itu, untuk menghentikan perkembangbiakan cacing, maka semua penghuni rumah mengonsumsi obat cacing. Selain membasmi cacing, mengonsumsi obat cacing juga bisa mencegah terjadinya penularan cacing.