1. Melahirkan Normal Berbeda Pada Setiap Wanita

Setiap wanita memiliki cara melahirkan normal yang berbeda. Sebagian mengalami persalinan yang cukup mudah, sementara sebagian wanita yang lain merasakan sakit hingga diperlukan epidural, yaitu anestesi yang disuntikkan ke punggung untuk mengurangi rasa sakit di bagian bawah tubuh. Proses ini tergantung pada kondisi tubuh masing-masing ibu hamil.
source: http://hellogiggles.com


 

baca juga

2. Air Ketuban Bisa Saja Tidak Pecah

Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa air ketuban akan selalu pecah dengan sendirinya sesaat sebelum melahirkan. Faktanya adalah air ketuban tidak selalu pecah dan jika sudah ada dorongan kuat sementara air ketuban belum juga keluar, dokter akan melakukan amniotomi, yaitu tindakan untuk memecahkan selaput ketuban.

source: http://www.independent.co.uk


 

3. Anestesi Epidural Terkadang Tidak Bekerja

Dilasir dari huffingtonpost.com, menurut Dr. Eva Pressman dari University of Rochester Medical Center, untuk beberapa kasus, anestesi epidural tidak selalu bekerja saat melahirkan normal. Ini tergantung pada anatomi atau kondisi tubuh setiap wanita yang berbeda-beda. Ada yang benar-benar tidak merasakan sakit namun ada juga yang masih bisa merasakan sakit di sebagian tubuhnya.

source: https://www.thesun.co.uk


 

baca juga

3. Untuk Sebagian Wanita, Bersiaplah untuk Digunting dan Dijahit

Episiotomy adalah ketika perineum (area yang memisahkan vagina dengan anus) digunting untuk membuka jalan keluar agar bayi lebih mudah untuk keluar. Setelah digunting, dokter akan menjahit area tersebut untuk mengembalikannya ke bentuk semula. Maybe this is one of terrible thing you can imagine, tetapi berdasarkan pengalaman beberapa wanita yang sudah melahirkan normal dan 'digunting', mereka tidak merasakan apapun, kemungkinan karena sudah diepidural atau juga sudah merasakan nyeri yang jauh lebih sakit saat kontraksi.

source: http://www.solusisehatku.com


 

4. Kamu Memerlukan Waktu Cukup Lama untuk Mendorong Bayi Keluar

Jangan beharap kamu akan berhasil mengeluarkan bayimu hanya dengan 3 atau 4 kali dorongan. Faktanya, kamu membutuhkan paling tidak 1x dorongan atau setengah, 1, 2 bahkan 3 jam untuk mendorong bayimu keluar. You better save your energy before the pushing time, ladies!

source: https://www.youtube.com


 

6. Kemungkinan Poop Saat Persalinan

Dorongan yang sangat kuat untuk mengeluarkan bayi memungkinkan poop juga keluar saat persalinan. Dokter dan suster di rumah sakit sudah biasa menghadapi situasi ini, jadi kamu tidak perlu khawatir jika ini terjadi padamu. Namun, kebanyakan wanita tidak menyadari saat ini terjadi. Untuk menghindarinya, ketahuilah bagaimana cara mengejan yang benar sebelum melahirkan dengan mengikuti yoga, misalnya.

source: https://www.eumom.ie