Ajarkan Pentingnya Kedisiplinan

Duh, Anak Malas Mengerjakan PR? Ini Dia Tips Mengatasinya!
source: https://abiummi.com/

Sikap disiplin sangatlah penting dimiliki setiap anak, banyak dampak positif yang kita dapat dari sikap disiplin. Salah satunya menghargai waktu dan memaksimalkan usaha. Mendidik anak tentang pentingnya disiplin juga bukan hal yang mudah ya Moms, kita bisa mengajarinya melalui cerita-cerita orang hebat dan sukses karena kedisiplinananya, kita juga harus mengemasnya dengan cerita yang seru dan tidak membosankan. Pastikan dia juga merespon apa yang kita ceritakan, karena hal tersebut menandakan bahwa ia tertarik dan termotivasi dengan sosok yang kita ceritakan.

Terangkan Dampak dan Rugi Tidak Mengerjakan PR

Duh, Anak Malas Mengerjakan PR? Ini Dia Tips Mengatasinya!
source: https://www.se-lesprivat.com/

Kita perlu menjelaskan mengenai dampak tidak mengerjakan PR atau tidak belajar. Terangkan jika kita tidak melakukan hal itu, maka nilai yang diraih akan buruk dan kita sebagai orang tua tentunya akan kecewa bahkan kalau ia tidak mau mengerjakan PR terus menerus dalam setiap pelajaran. Hal ini juga akan menyebabkan risiko tidak naik kelas karena akan mendapatkan nilai-nilai yang buruk di sekolah.

baca juga

Ciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan

Duh, Anak Malas Mengerjakan PR? Ini Dia Tips Mengatasinya!
source: https://liputan6.com/

Jika dua hal di atas masih tidak memberikan motivasi anak untuk mengerjakan PR, maka kita perlu menciptakan proses belajar yang menyenangkan, misalnya dengan menyetel musik atau lagu kesukaannya. Biasanya alasan anak malas mengerjakan PR juga karena suasana belajar yang membosankan sehingga ia merasa tertekan dan tidak semangat. Kita juga bisa memberi saran kepada anak untuk mengajak temannya mengerjakan PR bersama agar lebih menyenangkan, sediakan juga makanan atau cemilan kesukaan anak agar semakin semangat untuk mengerjakan PR ataupun belajar.

Beritahu Hal Positif Jika Ia Menjadi yang Terbaik

Duh, Anak Malas Mengerjakan PR? Ini Dia Tips Mengatasinya!
source: https://radarmalang.id/

Rajin mengerjakan PR dan belajar tentunya tak hanya membuat ia mendapatkan nilai yang baik saja, tapi juga bisa menjadikan ia yang terbaik dam menjadi anak yang berprestasi. Hal tersebut tentunya tidak hanya membanggakan kita, tapi juga bisa membanggakan semua orang dan hal tersebut pula yang bisa menjadi kunci kesuksesannya kelak.

​​​​​Anak sekolah memang tak bisa dipaksakan jika masih balita, tapi kalau sudah kanak-kanak harus kita pupuk nilai kedisiplinan ya Moms, agar sifat malasnya tidak terbawa hingga dewasa kelak. Mengerjakan PR adalah hal kecil namun berdampak besar terhadap proses belajar si kecil. Mulailah dari hal kecil untuk membuat prestasi anak menjadi besar.