Nah, tapi bagaimana jadinya saat bullying ini terjadi pada adik dan kakak atau dikenal dengan istilah sibling bullying? Wah, ini lebih mengkhawatirkan ya Moms. Bersaudara dan satu rumah tapi terjadi bullying. Kalau hanya ribut atau sekedar berdebat itu biasa ya Moms, antara kakak dan adik, tapi jika sudah saling mencemooh, menyakiti secara fisik, membuat salah satu di antaranya terluka secara mental dan fisik, kita harus prihatin dan melakukan tindakan untuk bisa melerai dan mencegah hal ini terjadi. Misalnya saja, contoh kejadian yang dilansir dari Mommies Daily, bahwa sang kakak penuh emosi meluapkan segala amarahnya kepada adiknya dan secara psikis sang adik menunjukkan rasa ketakutan ataupun adik membalas amarah si kakak dengan mencemooh sang kakak secara fisik. Berawal dari ledek-ledekan hingga puncaknya pukul-pukulan. Kondisi tersebut tentunya bisa dikatakan sibling bullying.

Kenali Sibling Bullying, Penting Moms Ketahui!
source: https://secureteen.com/

Faktanya, sibling bullying ini memang ada lho Moms. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, penelitian ini dilakukan pada 3.600 anak dari usia dua hingga 17 tahun, hasil dari penelitian ini menunjukkan 38 persen dari mereka sudah mengalami ‘kekerasan’ yang dilakukan oleh saudara kandungnya. Adapun beberapa jenis kekerasan tersebut diantaranya,memukul, menggigit, merusak mainan. Mirisnya, tak sedikit dari kita malah terlalu fokus pada bullying di luar rumah, tanpa kita sadari dengan bullying yang terjadi di dalam rumah atau di lingkungan keluarga.

Seperti yang sudah dituturkan oleh Vera Itabiliana Psi, jika salah satu pihak sudah ada yang tersakiti, itu berarti bullying. Tersakiti di sini dalam artian tersakiti secara fisik, secara emosi, secara mental, dan secara verbal. Seperti mengejek bentuk tubuh, misalnya, “dasar gendut”, “dasar pesek”, dan ejekan lainnya. Nah, jika pertengkaran pada si kecil ini terjadi saatnya untuk Moms menengahi dan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengkomunikasikannya bersama anak tentunya, tanyakan permasalahannya dan sampaikan siapa yang salah harus meminta maaf dan tentunya saling memaafkan. Hubungan kakak adik sangatlah berharga, jangan sampai terpecah belah sedari dini.

Kenali Sibling Bullying, Penting Moms Ketahui!
source: https://www.deseretnews.com/

Sebagai orang tua kita pun perlu memberikan pengertian kepada anak, jika mereka bertengkar tidak boleh mengejek ataupun menyakiti secara fisik. Kita juga perlu melakukan teguran saat nada suara mereka mulai meninggi, ajarkan mereka sikap saling memafkan, saling menyayangi, dan saling memahami satu sama lain. Sesekali ceritakan kisah-kisah yang membangkitkan sikap positif pada anak. Sibling Bullying ini juga terjadi karena perbedaan umur pada keduanya, kita juga sebagai orang tua terkadang tanpa menyadari kita sudah membangun kompetisi diantara keduanya karena menyamakan mereka atau lebih tepatnya menempatkan seolah mereka dalam posisi yang sama atau pada usia yang sama. Menyikapi hal ini, kita harus menjadi orang tua yang bijak ya Moms, karena jika kita bisa membangun hal-hal positif pada anak maka hal itu tidak akan terjadi, hubungan kakak adik pun tentunya akan tetap terjaga dan harmonis.