Malah yang sering terjadi malah yang memiliki payudara kecil ASInya lebih berlimpah, begitu pula sebaliknya. Produksi ASI dipengaruhi dari apa yang kita konsumsi, baik saat mengandung dan menyusui. Tapi, wanita dengan ukuran payudara besar tampungan ASInya lebih banyak dibanding wanita dengan payudara kecil. Namun, hal ini tentunya tidak bisa dijadikan acuan dari jumlah produksi ASI

Ukuran Payudara Tentukan Produksi ASI? Anggapan Itu Salah Moms!
source: https://sains.kompas.com/

Hal yang memengaruhi produksi ASI sendiri adalah emosi ibu, makanan yang dikonsumsi, perawatan payudara, faktor lain yang juga sangat mempengaruhi produksi ASI adalah intensitas bayi menyusu dan berapa banyak ASI yang diisap oleh bayi saat menyusui. Semakin sering intensitas bayi menyusu dalam jumlah banyak, maka tentunya semakin banyak jumlah ASI yang diproduksi kembali oleh payudara untuk menggantikan ASI yang sudah keluar, dan begitulah seterusnya.

​​​​

Perlu kita ketahui Moms, produksi ASI dipengaruhi oleh hormon seperti prolaktin serta oksitosin. Hormon ini akan mulai memproduksi ASI setelah kita melahirkan seduai dengan menurunnya hormon kehamilan. Nah, pentingnya kita menyusui bayi di malam hari karena umumnya hormon prolaktin membuat produksi ASI di malam hari lebih banyak. Sedangkan untuk hormon oksitosin ada pada rangsangan yang terdapat di puting ibu. Hormon ini lho Moms yang memberikan rasa tenang dan cinta ibu kepada si kecil.

Ukuran Payudara Tentukan Produksi ASI? Anggapan Itu Salah Moms!
source: https://doktersehat.com

Sedikitnya produksi ASI bisa disebabkan oleh pelekatan bayi yang kurang benar pada puting payudara ibu. Meskipun bayi lama menyusu, tapi ASI yang ia terima tentunya hanya sedikit Moms, sehingga produksi ASI juga lebih sedikit. Maka, sebelum menyusui Moms harus memastikan posisi pelekatan bayi saat menyusui dengan benar.

baca juga

Menyusui adalah anugerah yang tidak semua ibu memiliki kesempatan untuk mengASIhi. Tak sedikit Moms yang sudah berusaha untuk bisa menyusui tapi ternyata tetap saja tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi, hal tersebut jangan sampai menjadikan Moms berkecil hati. Karena setiap ibu tentunya sangat mulia dan memiliki peran yang sama. Nah, bagi Moms yang sudah dianugerahi untuk bisa mengASIhi tetap semangat dan jangan menyerah ya Moms. Dan satu hal fokuslah pada anak kita, jangan terpengaruh dengan hal negatif yang bisa menanamkan sugesti yang kurang baik yang malah akan membuat Moms stres dan produksi ASI berkurang. Maka, jelas ya Moms produksi ASI tidak dipengaruhi oleh besar kecilnya ukuran payudara, tapi dari suasana hati dari Moms, makanan yang dikonsumsi, pelekatan menyusui yang benar, dan intensitas menyusui yang sering.

Ukuran Payudara Tentukan Produksi ASI? Anggapan Itu Salah Moms!
source: https://mommyasia.id/