1. Leukimia 

Menurut National Cancer Institute, 34% dari jumlah kanker yang menimpa balita berjenis Leukimia atau kanker sumsum dan darah. Secara spesifik, jenis leukimia yang ditemukan pada tiga dari empat penderita balita adalah Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL). Leukemia merupakan kanker darah yang berawal dalam sumsum tulang belakang, tempat sel darah dibuat. Darah anak mengandung sel merah, sel putih dan trombosit. Pada leukemia, sumsum tulang belakang membuat sel darah putih yang belum matang yang disebut sel leukemik. Sel yang belum matang ini tidak berfungsi secara normal, dan mengerubungi sel yang sehat.

 Gejala umum leukimia: 
- Nyeri tulang dan sendi
- Lemah dan lesu
- Perdarahan atau memar
- Demam
- Kehilangan berat badan
- Kulit pucat

Waspada Moms, Ini Jenis Kanker yang Sering Menimpa Balita
source: http://grid.id

2. Tumor Otak 

Tumor otak merupakan pertumbuhan sel-sel dalam tengkorak secara abnormal. Tumor otak primer adalah tumor yang timbul dari otak. Mereka tumbuh dari sel-sel otak, pembuluh darah di otak, syaraf yang muncul dari otak atau selaput yang menutupi otak. Tumor otak jinak (bukan kanker) umumnya tumor yang tumbuh lambat. Sekitar 27% jenis kanker pada balita hingga remaja adalah tumor otak dan tumor sistem syaraf lainnya. Sebenarnya ada banyak jenis tumor otak, tapi sebagian besar tumor pada anak dimulai dari otak bagian bawah seperti cerebellum atau batang otak.
 

Waspada Moms, Ini Jenis Kanker yang Sering Menimpa Balita
source: http://www.stbaldricks.org
baca juga

3. Neuroblastoma 

Neuroblastoma merupakan kanker langka yang berkembang dari neuroblasts atau sel-sel saraf yang belum matang pada anak-anak. Sebagian besar kasus neuroblastoma terjadi pada anak-anak usia lima tahun ke bawah. Gejala neuroblastoma bisa bermacam-macam, tergantung pada bagian tubuh yang diderita. Kanker neuroblastoma ini bisa diawali di bagian tubuh manapun, tapi biasanya dimulai dengan pembengkakan di bagian perut. Berikut ini gejalanya: 

- Sulit berjalan
- Perubahan pada mata (menonjol, lingkaran hitam, kelopak mata turun)
- Nyeri di bagian tubuh dan tulang
- Diare
- Demam dan tekanan darah tinggi
 

Waspada Moms, Ini Jenis Kanker yang Sering Menimpa Balita
source: https://www.healthline.com

4. Tumor Wilms
Tumor Wilms, yang juga dikenal dengan nama nefroblastoma, adalah kanker pada ginjal yang terutama menyerang anak-anak, merupakan jenis kanker ginjal tersering pada anak-anak, dengan angka kejadian tertinggi pada usia 3 tahun, dan jarang terjadi diatas usia 8 tahun. Tumor Wilms biasanya menyerang hanya 1 ginjal (unilateral), hanya 5% kasus yang menyerang kedua ginjal (bilateral). 

Gejala yang sering timbul diantaranya: 
- Pembengkakan atau benjolan di perut
- Demam
- Rasa sakit
- Mual
- Hilang selera makan
 

Waspada Moms, Ini Jenis Kanker yang Sering Menimpa Balita
source: https://vmcdn.ca