1. Ajak Si Kecil Berkomunikasi atau Bercanda 

Saat si Kecil sedang terjaga ajaklah ia untuk berkomunikasi sekedar bercanda, bermain atau meyanyikan ia beberapa lagu. Cara ini untuk menstimulasi bayi di siang hari untuk menciptakan pola tidur yang lebih baik di malam hari. Hal ini karena bayi baru lahir sering kali tidur dalam waktu yang lama di siang hari, berkomunikasilah sebaik mungkin dengan bayi saat ia sedang terjaga. Peluklah dan nyanyikan ia sebuah lagu atau tataplah matanya saat moms berbicara dengannya. Nah, saat terbaik untuk melakukan cara ini adalah saat Moms sedang menyusui Si kecil, memakaikan pakaian, atau mengganti popok bayi. 
 

Tips Agar Bayi Bisa Tidur Lebih Lama di Malam Hari
source: https://www.freepik.com

2.  Buat Jadwa Tidur Si Kecil 

Usahakan buat jadwal tidur si Kecil agar dia terbiasa tidur di jam yang sama saat malam hari. Membuat jadwal waktu tidur dan memiliki rutinitas malam hari yang menenangkan bisa membantu anak tidur dengan baik. Cara ini bisa menenangkan anak dan membantu memberikan isyarat saat waktu tidur malam hari tiba. Selain itu pertimbangkan faktor-faktor seperti tidur siang, menyusu, dan usia bayi saat mengatur jam tidur. Buatlah jam tidur yang masuk akal karena bayi baru lahir harus disusui di malam hari. 

 

Tips Agar Bayi Bisa Tidur Lebih Lama di Malam Hari
source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Latih Bayi Tidur Tanpa Bantuan

Jika bayi Moms sudah berusia 3 bulan, maka ia sudah bisa tidur tanpa bantuan. Namun hal ini bukan berarti ia akan tidur dengan sendirinya. Untuk membuat bayi tenang dan tertidur, letakkan tubuhnya ketika ia mengantuk, tapi masih terjaga. Tetap bersamanya hingga ia terlelap, tapi bersiaplah untuk melakukan hal yang sama tiap kali ia terbangun di malam hari. Selain itu perhatikan tanda utama kelelahannya seperti menggosok mata, menguap, serta rewel. Jangan tunggu sampai bayi terlalu lelah karena bayi yang sangat kelelahan lebih sulit tidur. 
 

Tips Agar Bayi Bisa Tidur Lebih Lama di Malam Hari
source: https://www.freepik.com

4. Berikan Dot untuk Bayi 

Beberapa bayi mungkin sulit tertidur atau sulit menemukan posisi yang nyaman saat ia tidur di malam hari. Nah, dengan memberinya dot bisa menenangkan dan membantunya tidur nyenyak lebih mudah lho, Moms. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengemut dot saat tidur bisa membantu mengurangi risiko kematian bayi secara tiba-tiba atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Tak hanya itu Moms, menurut penelitian membuat perut bayi kenyang sebelum tidur, justru membuat tidur anak menjadi tidak nyenyak. Ya, sama saja jika Moms makan kenyang terus langsung tidur. Tentu tidak nyaman bukan? 

Tips Agar Bayi Bisa Tidur Lebih Lama di Malam Hari
source: https://bundoo.com