Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Ibu Hamil untuk Tidur?

Kondisi fisik yang dipengaruhi hormon kehamilan membuat ibu hamil cenderung cepat merasa lelah dan lesu. Selain itu juga, ibu hamil harus menjaga kondisi janin agar tetap sehat sehingga tidak boleh terlalu capai saat beraktivitas. Organ dalam tubuh seperti jantung bekerja lebih keras saat kehamilan untuk menjaga agar aliran darah ke janin tetap lancar, begitu pun dengan ginjal yang bekerja lebih keras untuk memproses sisa metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itu, kebutuhan tidur ibu hamil lebih banyak dibanding biasanya. Selain tidur selama 8 jam pada malam hari, sebisa mungkin ibu hamil juga tidur siang minimal 1 hingga maksimal 3 jam untuk mengembalikan stamina yang habis selama aktivitas siang hari.
 
source: http://dbunda.net
baca juga


Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Posisi Miring ke Kiri

Sebagian ahli menganjurkan tidur dengan posisi miring ke kiri untuk ibu hamil. Dengan posisi ini, tubuh tidak akan menekan bagian hati dan juga sirkulasi darah menuju jantung, ginjal, rahim dan janin menjadi lancar. Selain miring ke kiri, gunakan beberapa bantal agar tidurmu lebih nyaman. Jika ada bagian yang terasa pegal atau kurang nyaman, kamu bisa mengganjalnya dengan bantal. Bantal khusus untuk ibu hamil juga bisa kamu gunakan untuk menopang bagian perut atau punggung untuk memberikan kenyamanan saat tidurmu.


Hindari Tidur dengan Posisi Telentang

Saat mulai memasuki trimester kedua kehamilan, sebaiknya hindari tidur dengan posisi telentang. Tidur dengan posisi ini bisa menghambat peredaran darah ke tubuh termasuk ke janin dan juga bisa mengakibatkan pembengkakan atau edema vena cava inferior (pembuluh balik besar bawah) yang tertekan saat terlentang.
 
source: http://yesessay.biz