Anak Takut Tidur Jauh Dari Orangtua

Seringkali orangtua mengajarkan anak untuk tidur sendiri agar mereka lebih mandiri. Namun tidak semua anak mempunyai rasa keberanian yang sama pada usianya. Terlebih jika lampu pada kamar anak harus dimatikan. Hal ini merupakan hal yang menakutkan baginya. Dampaknya adalah anak akan trauma setiap kali akan memasuki jam tidur. Oleh sebab itu hindari memaksa anak untuk tidur sendiri. Latihlah perlahan dan berikan pengertian agar anak merasa nyaman. Aturlah juga suhu kamar serta hias kamar menurut karakter kesukaannya, sehingga merasa ia punya 'teman' saat tidur. Memang hal ini butuh kesabaran, agar tidur anak tidak terganggu.

source: http://bayi365.blogspot.co.id

Mimpi Buruk

Dengan daya imajinasi anak yang tinggi, seringkali anak berkhayal. Daya imajinasi dapat melatih perkembangan otak anak. Sayangnya anak sering membawa imajinasinya saat tidur, tanpa sadar. Mimpi buruk juga dapat terjadi jika ia menonton film yang menakutkan atau membaca buku yang menyeramkan. Hal ini tentu akan menimbulkan mimpi yang buruk. Anak menjadi tidak nyaman dan akhirnya anak akan terbangun di malam hari. Sebab itu biasakan mendampingi anak saat anak berkativitas.
source: https://www.dokter.id
baca juga

Perut Dalam Kondisi Lapar

Anak dibawah 1 tahun biasanya akan menyusu dengan jeda waktu satu jam sekali. Ada kalanya karena aktivitas yang padat dan keletihan sepanjang hari, ibu menjadi tertidur dan lupa memberikan ASI atau susu formula, sehingga bayi akan gelisah di malam hari karena ia masih lapar. Demikian juga untuk anak yang berusia diatas 3 tahun. Anak di usia ini sudah mulai dapat memilih makanan yang tidak disukai, seperti sayuran. Anak akan makan dalam porsi yang lebih sedikit daripada biasanya jika ada sayuran yang tidak ia sukai. Dalam kondisi perut masih lapar, anak akan sulit berangkat tidur. Tidur anak juga tidak akan nyaman jika dipaksakan.

source: http://jualsuplementpropolisterbaik.blogspot.co.id

Sakit

Menjelang sakit sampai selama masa pemulihan, biasanya anak akan lebih rewel dan manja. Ini merupakan hal yang wajar karena ia membutuhkan perhatian yang lebih dari ibunya. Demikian juga saat anak akan tumbuh gigi, anak akan merasa kondisinya tidak nyaman seperti biasanya. Ia ingin ibunya terus berada di sisinya sepanjang hari, bahkan saat tidur sekalipun. Saat anak sakit dan rewel, gendonglah sejenak agar anak merasa nyaman. Berikan ciuman atau pelukan agar anak tidak merasa sendirian. Kedekatan ibu dengan anak sangat dibutuhkan saat anak sedang sakit. Tetaplah berjaga di sisinya atau tidur di sampingnya agar anak merasa tenang.

source: http://jabar.tribunnews.com
baca juga

Stress

Walaupun masih kecil, anak dapat mengalami stress seperti halnya dengan orang dewasa. Anak dapat tertekan karena kondisi yang tidak diharapkan atau tidak sesuai dengan keinginannya. Misalnya saat awal masuk sekolah, saat kursus di tempat yang baru, saat pindah ke rumah baru dan berkenalan dengan teman-teman yang baru dan beberapa hal lainnya. Tidak semua anak mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Ada beberapa anak yang membutuhkan waktu untuk mengenal lingkungan yang baru. Dampingi anak saat menghadapi sesuatu yang baru dan berikan pengertian agar anak tahu kondisinya.

source: http://perempuan.com

Waktu Tidur yang Tidak Tepat

Mendekati waktu tidur malam, sebaiknya anak tidak tidur terlalu lama. Waktu tidur yang terlalu dekat akan menyebabkan anak tidak mengantuk di malam hari. Anak akan mencari berbagai kesibukan dan aktivitas menjelang waktu beristirahat. Hal ini tentu akan menyebabkan orangtua menjadi repot, karena harus menemani anak bermain saat ingin beristirahat. Sebaiknya bangunkan anak beberapa jam sebelum waktu tidur tiba. Pancing dengan aktivitas yang menarik agar segera bangun.

source: http://lamandel.com