Manfaat Imunisasi

Imunisasi memang bertujuan untuk melawan penyakit-penyakit tertentu yang dapat masuk ke tubuh dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentu saja imunisasi sanagt penting dan bermanfaat untuk dapat menjaga tubuh dari berbagai virus yang menyebabkan penyakit berbahaya seperti polio, hepatitis, DPT, campak ataupun BCG. Selain itu juga, dengan imunisasi, anak dapat terhindar dari resiko cacat atau bahkan kematian.

source: https://hellosehat.com/mengapa-anak-perlu-imunisasi/

Efek Samping Imunisasi

Baru-baru ini kabar tentang dampak negatif imunisasi semakin banyak beredar baik di media cetak maupun elektronik, namun kebanyakan berita tersebut hanyalah mitos yang belum tentu dapat dibuktikan kebenarannya. Beberapa ahli yang menyebutkan dampak negatif imunisasi pun bukan merupakan ahli vaksin melainkan ahli dari bidang lain dan juga tulisan-tulisan tersebut kebanyakan mengacu pada teknologi lama ketika teknologi imunisasi belum secanggih sekarang. Efek samping dari imunisasi memang ada, namun itu hanya berlangsung setelah pemberian vaksin dan temporer. Berikut ini adalah efek samping imunisasi:
  • Demam
  • Anak rewel
  • Kemerahan pada kulit
  • Muntah
  • Diare
  • Alergi/Anafilaksis (Sangat jarang terjadi)
source: https://www.tanyadok.com/anak/apa-saja-efek-samping-setelah-imunisasi
baca juga

Nah sekarang sudah tahu kan, mommies, apa saja plus minus imunisasi. Sebaiknya si kecil diimunisasi secara lengkap agar dapat imunnya dapat resistant terhadap berbagai penyakit.