Payudara Masitis

Pada ibu menyusui, masitis di payudara bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti bakteri yang masuk melalui puting, menyusui yang jarang atau hanya sedikit dan pada satu payudara serta jaringan payudara rusak akibat trauma. Jika disebabkan oleh bakteri, kemungkinan berasal dari mulut bayi ataupun dari kulit payudara.

 
source: https://www.almawk3.com
baca juga

Gejala masitis yang terlihat dan dirasakan ibu menyusui adalah kulit payudara yang kemerahan, nyeri hebat, demam, payudara terasa keras walaupun sudah menyusui, dan semua gejala tersebut hanya terjadi pada satu sisi payudara saja.

source: https://hellosehat.com


 

Payudara Bengkak Biasa

Penyebab payudara bengkak yang biasa terjadi pada ibu menyusui adalah karena produksi ASI sudah terlalu banyak. Aliran ASI yang tidak dikeluarkan akan tersumbat dan menyebabkan pembengkakan.

source: http://momjunction.com
baca juga

Gejala payudara bengkak yang biasa dialami ibu menyusui antara lain nyeri yang terasa di kedua sisi payudara, demam terjadi hanya 24 jam, puting menegang, kulit payudara kemerahan tapi tidak rata. Selain beberapa gejala tersebut, perbedaan masitis dengan payudara bengkak biasa juga akan melunak setelah ASI dikeluarkan.

Semoga bermanfaat!