Pada awalnya, wanita 23 tahun ini tidak menyukai olahraga taekwonda dan ia mengaku malas-malasa ketikan akan latihan. Namun seiring berjalannya waktu, Defia semakin mencintai dunia olahraga tersebut. Defia sendiri mengenal taekwondo pertama kali pada saat dia duduk di bangku SMP. 

Atlet manis yang hobi mendengarkan musik ini juga merupakan mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan di Universitas Negeri Jakarta. 

source: http://poskotanews.com

Sebelum mendapatkan emas di kejuaraan Asian Games 2018, sejumlah prestasi membanggakan pun sudah pernah diraih Defia. Pada gelaran SEA Games 2013 yang berlangsung di Myanmar, Defia berhasil meraih dua medali perunggu di nomor beregu putri dan campuran poomsae.

Sementara tahun 2017 menjadi salah satu puncak kejayaan Defia dengan meraih medali perak di ajang Asian Indoor and Martial Arts Games di Turkmenistan. Medali perak tersebut ia dapat di nomor beregu putri poomsae. Tak hanya itu, Defia juga berhasil menyabet perunggu di nomor tunggal putri poomsae.

source: https://okeinfo.net
baca juga

Sebagai penyumbang emas pertama di Asian Games 2018, atlet taekwondo putri Indonesia ini pun lantas tak kuasa menahan air matanya saat ia disalami Presiden Joko Widodo dan CdM Indonesia, Komjen Pol. (Purn) Syafruddin setelah keputusan juri mengumumkan bahwa dirinya unggul dan berhak atas medali emas untuk cabang olahraga taekwondo.

source: http://www.harnas.co

Belum selesai prestasi Defia, hijaber manis ini juga berprestasi di SEA Games 2017 di Malaysia dengan berhasil meraih medali perunggu. Dan kini ia kembali membuktikan prestasi lebih besar dengan merebut emas di kejuaraan Asian Games 2018 untuk Indonesia. 

Prestasi lain yang pernah diraih oleh Defia adalah 2 medali emas pada Austria Open Poomsae Vienna G1 Tournament 2017. 

source: https://voanews.com

Wah, luar biasa ya, prestasi yang pernah diraih oleh atlet muda manis berhijab ini! Kerja keras dan usahanya Defia pun terbayarkan dengan kebanggaan ketika Presiden Jokowi sendiri yang mengalungkan medali emas pertama Indonesia di Asian Games 2018 tersebut di dadanya. Terus berlatih dan berjuang ya, Defia!