1. Tidak Diminum Setiap Hari

Alat kontrasepsi berupa pil KB sangat bergantung pada waktu. Agar manfaatnya lebih efektif, kamu harus meminum pil KB setiap hari. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, maka efektif sekitar 99%. Artinya, ada kemungkinan satu dari 100 wanita bisa hamil. Namun, jika lupa meminum dan terlewat satu hari saja, maka keefektifannya berkurang menjadi 91%. 

Nah, untuk membantu agar kamu mengingat jadwal minum pil, coba pasang alarm pengingat di smartphone ataupun menulis pada kalender yang mudah terlihat di rumah. 
 
1. Tidak Diminum Setiap Hari
source: https://www.everydayhealth.com

 

2. Sedang dalam Pengobatan

Ada sebuah alasan kenapa pil KB tidak bekerja dan menyebabkan wanita hamil, yaitu si pengguna pil KB sedang dalam pengobatan atau meminum obat lain. Dalam hal ini adalah antibiotik. Antibiotik tertentu dapat membuat pil KB tidak efektif sebagaimana fungsinya. Dua jenis antibiotik tersebut adalah rifampisin dan rifabutin yang digunakan untuk mengobati penyakit seperti tuberkulosis dan meningitis. Ada pula obat-obatan umum yang memengaruhi efektivitas pil KB, seperti obat untuk epilepsi dan HIV. Sebagai solusi, cobalah menggunakan alat kontrasepsi selain pil KB selama kamu mengonsumsi obat-obatan. 
 
2. Sedang dalam Pengobatan
source: https://www.huffingtonpost.com

 
baca juga

3. Karena Sakit Diare atau Muntah

Apabila kamu menderita sakit seperti diare atau muntah beberapa jam setelah menenggak pil KB, maka dipastikan pil KB tersebut tidak efektif. Ini disebabkan karena kandungan dalam pil KB berupa hormon untuk mencegah kehamil belum terserap dengan baik oleh tubuh. 

Setelah merasa baikan, cobalah kembali meminum pil KB untuk mengganti pil yang sudah terbuang sebelumnya. 
 
3. Karena Sakit Diare atau Muntah
source: https://www.thecut.com


 

4. Terlambat Minum

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa meminum pil KB sebelum berhubungan badan dengan pasangan serta merta akan mencegah kehamilan. Hmm... hal ini sebenarnya keliru! Pil KB bukanlah pil ajaib yang khasiatnya langsung dirasakan segera atau dalam beberapa jam, namun semuanya membutuhkan proses. Efektivitas pil KB sangat bergantung pada waktu dan jadwal yang teratur. Karena itu, selalu perhatikan kapan waktu yang tepat mulai meminum pil KB. Jangan sampai keliru sehingga menyebabkan ibu hamil. 
 
4. Terlambat Minum
source: https://beautyhealthtips.in

 
baca juga

5. Cara Penyimpanan

Sama halnya dengan obat-obatan lain, pil KB wajib disimpan di tempat sejuk dan kering dan tidak di tempat dengan suhu tinggi. Suhu tinggi akan memengaruhi efektivitas pil KB. Dianjurkan agar pil KB dan obat-obatan lain disimpan di bawah suhu 25 derajat C agar tetap efektif. 
 
5. Cara Penyimpanan
source: http://depts.washington.edu
Nah, itu dia alasan kenapa alat kontrasepsi berupa pil KB tetap membuat wanita hamil. Perhatikan dengan baik ya, Moms!