1. Jangan Memandikan Bayi Terlalu lama 

Pada umumnya bayi baru lahir juga tidak perlu dimandikan terlalu lama atau terlalu sering. Ada baiknya Moms memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat untuk menjaga tekstur kulit dan menghindari bayi dari kedinginan. Selain itu hindari juga penggunaan sabun karena kandungan sabun mandi masih terlalu keras untuk kulit bayi baru lahir. Bayi baru lahir tidak perlu dimandikan terlalu lama, hal ini dikarenakan kandungan minyak alami yang terdapat pada kulit bayi agar tidak terkikis. Sebaiknya dianjurkan untuk memandikan bayi 5-10 menit saja ya Moms. 

source: https://www.bubhub.com.au

2. Berikan Bayi Pelembab Pada Seluruh Tubuhnya 

Untuk mengatasi kulit mengelupas pada bayi baru lahir, Moms bisa mengoleskan pelembap hipoalergenik pada seluruh kulit bayi setelah ia dimandikan. Oleskan setidaknya dua kali dalam sehari agar kelembaban kulit bayi tetap terjaga. Jika Moms tidak tahu, jenis pelembab apa yang digunakan, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit anak. 

source: https://www.healthline.com
baca juga

3. Hindari Produk Berbahan Kimia 

Tahukah Moms salah satu penyebab kulit bayi kering dan mengelupas yakni karena penggunaan detergen ketika mencuci baju bayi. Ada baiknya Moms menggunakan detergen khusus bayi saat mencuci pakaian si kecil karena relatif lebih aman. Selain itu, jemur pakaian bayi hingga benar-benar kering dan setrika secara menyeluruh untuk memastikan kuman-kuman yang masih menempel bekas  proses pencucuian, hilang dan bersih. 

source: https://www.babycenter.com

4. Jaga Suhu Badan Bayi 

Hindari si kecil dari udara dingin, apalagi AC kamar yang terlalu dingin. Untuk bayi baru lahir ada baiknya suhu AC cukup di 23-25 derajat saja ya Moms. Selain itu jangan bawa ia ke tempat-tempat yang terlalu dingin apalagi keluar pada saat malam hari tanpa pakaian yang cukup untuk menghangatkan tubuhnya. Jika Moms ingin membawa si kecil ke luar rumah pastikan ia mengenakan pakaian yang cukup menutupi seluruh tubuh bayi seperti topi, sarung tangan dan kaos kaki. 

source: http://www.newkidscenter.com