1. Gamcheon Culture Village, Busan, Korea Selatan 

Selain terkenal dengan dunia drama korea dan K-pop, Korea selatan juga memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan sangat ikonik. Salah satunya adalah Gamcheon Culture Village yang terletak di Kota Busan, dimana tempat ini dijuluki Santorini of South Korea.  Gamcheon Culture Village ini awalnya adalah perkampungan di lereg bukit, dikenal kumuh  dan tertinggal  di Busan. Perkampungan ini didirikan oleh para pengungsi saat perang saudara di semenanjung Korea pada tahun 1950 sampai 1953. Hingga  akhirnya tahun 2011 perkampungan yang kini dihuni oleh sekitar 3.000 orang ini berubah menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit di Busan hingga sekarang. Tidak hanya terdiri dari ratusan rumah penduduk yang dicat warna-warni, namun di Gamcheon Culture Village ini juga terdapat beberapa museum seni, galeri seni, mural dan gambar serta patung-patung unik yang dapat ditemukan di banyak tempat dan sudut bangunan. Banyak spot-spot menarik untuk berfoto dan selain itu juga banyak terdapat cafe, kedai, juga toko suvenir penjual pernak pernik sekaligus pusat pembuatan  kerajinan tangan khas Korea Selatan.
 

Cantik! Intip Yuk, Beberapa Kota di Dunia yang Punya Nuansa Warna-warni
source: https://www.expedia.com

2. Valparaiso, Chile

Kota Valparaiso berada di bagian tengah negara Chile tepatnya berada di Region Valparaíso. Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2005, kota ini dihuni oleh 275.982 penduduk. Valparaíso merupakan salah satu pelabuhan laut terpenting di Chili dan pusat budaya di Pasifik Barat Daya. Kota pelabuhan ini adalah pusat sejarah dan budaya di Chile. Di sana banyak terdapat bangunan kuno seperti museum, katedral, dan bangunan kolonial. Wilayah pesisir merupaka tempat yang paling indah di kota ini. Di sana terdapat perumahan penduduk yang berjajar rapi dengan warna tembok yang beragam menciptakan kesan megah. Tentu akan sangat menyenangkan jika kita dapat melihat langsung kota penuh warna seperti ini dengan mata kepala kita sendiri.

 

Cantik! Intip Yuk, Beberapa Kota di Dunia yang Punya Nuansa Warna-warni
source: https://travelingyuk.com
baca juga

3.  Pulau Burano, Italia

Daerah ini merupakan salah satu pulau di kepulauan yang berada di Provinsi Venesia, Italia. Pulau Burano memiliki jalan-jalan yang indah dan kanal dengan gondola yang selalu berlayar melintasinya setiap hari. Jalan-jalan dan bangunan di sepanjang kanal ini dilapisi cat berwarna terang yang begitu menakjubkan dengan motif berwarna-warni. Namun tidak semua bangunan bebas diwarnai oleh para pemiliknya. Ada beberapa aturan dari pemerintah yang harus ditaati misalnya pemilihan warna harus disesuaikan dengan filosofi tertentu. Orang-orang yang tinggal di daerah ini harus meminta izin pada pemerintah terlebih dahulu mengenai warna apa yang harus mereka gunakan untuk mengecat bangunan meraka. 
 

Cantik! Intip Yuk, Beberapa Kota di Dunia yang Punya Nuansa Warna-warni
source: https://travelingyuk.com

4. St. John’s, Newfoundland and Labrador, Kanada

St. John’s adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Newfoundland dan Labrador, Kanada.. Selain itu kota yang berada di ujung timur Semenanjung Avalon di pulau Newfoundland ini merupakan salah satu kota tertua di negara tersebut dengan sejarah yang dibangun sejak tahun 1400 an. Secara resmi daerah ini didirikan sebagai kota pada tahun 1921 dengan populasi pada tahun 2012 mencapai 200.600 jiwa. St. John’s merupakan tempat yang indah dengan arsitektur yang menakjubkan dan termasuk salah satu tempat paling berwarna di dunia. Bahkan ada sebuah sudut kota yang disebut Jellybean Row, dimana pada zaman dahulu setiap kapte kapal harus mewarnai rumah mereka seperti layaknya permen dengan tujuan agar rumah tersebut dapat dengan mudah dikenali dari tengah laut.

 

Cantik! Intip Yuk, Beberapa Kota di Dunia yang Punya Nuansa Warna-warni
source: https://travelingyuk.com