1. Biasakan anak melakukan gerakan Fisik 

Dengan berkeringat maka sistem metabolisme tubuh anak menjadi lancar, seperti peredaran darah dan ia tak akan mudah sakit karena kurang bergerak. Oleh sebab itu Moms harus membiasakan ia untuk rutin melakukan gerakan fisik, seperti berolahraga atau kegiatan yang lebih menyenangkan namun juga sehat. Misalnya bermain bola atau permainan lain yang membuat fisik anak bergerak dan berkeringat. 
 

source: https://www.melbournechildpsychology.com.au

2.  Rutin memeriksa kesehatan anak ke dokter

Jangan mengunjungi dokter hanya karena anak sedang sakit. Ada baiknya Moms rutin memeriksakan kesehatan tubuh anak secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyakit yang gejalanya seringkali disepelekan. Selain itu jangan sembarangan memberikan anak antibiotik ketika ia sedang sakit, tanpa dengan resep dokter. Ini karena penyakit yang sering terjadi pada anak sering disebabkan oleh virus. Bila diberikan antibiotik, bakteri tertentu malah menjadi resisten terhadap obat.

source: https://parents.com
baca juga

3. Berikan anak nutrisi yang baik 

Makanan bergizi seperti perpaduan sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh anak. Misalnya sayur dan buah mengandung fitonutrien yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya karena memperbanyak produksi sel darah putih dan interferon untuk melawan infeksi bakteri dan virus. Tahukah Moms, makanan tersebut juga dapat melindungi anak dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker saat dewasa. Moms bisa memberikan kacang hijau, jeruk, stroberi, dan brokoli pada setiap menu makanannya. Untuk tambahan, berikan ia juga suplemen atau vitamin yang tentunya berdasarkan resep dokter. 

source: http://www.eatwell101.com

4. Jangan T\terlalu banyak memberikan asupan tinggi gula dan susu

Perlu Moms ketahui, makanan yang banyak memiliki kandungan gula dan susu bisa memicu produksi lendir pada tubuh anak lho. Nah,  produksi lendir yang cukup banyak bisa menjadi tempat vakteri dan virus berkembang apda tubuh anak. Selain itu awasi juga kebersihan tubuh anakselalu rutin dengan selalu membersihkan tangan dengan tisu basah atau dengan air. Karena anak-anak seringkali memasukkan tangannya ke mulut. Pastikan juga kebersihan mainan dan jaga kebersihan bintang peliharaan dan kandangnya. Jika anak terluka segera bersihkan lukanya dan obati dengan antiseptik agar tidak infeksi. 

source: http://younghouselove.com