1. Buat Menu Makanan yang Menarik 

Pada dasarnya anak-anak menyukai hal apapun yang menarik perhatiannya, mulai dari bentuk, warna dan setelah itu rasa. Hal pertama yang bisa Moms lakukan adalah dengan membuat menu makanan yang menarik perhatian si kecil, misalnya menghias makanan dengan hal yang ia sukai, misalnya karakter kartun. Jangan lupa untuk menyertakan menu makanan sehat lengkap mulai dari sayur, buah hingga protein hewani. Ini agar kebutuhan gizi dan nutrisi anak terpenuhi. 

 

source: https://www.popsugar.com

2. Buat Ramuan Jamu Kunyit

Cara ini memang dibilang konvensional alias jadul untuk mengatasi anak yang tidak nafsu makan. Namun, cara ini sudah banyak dibuktikan dan hingga saat ini masih banyak para ibu yang membuat ramuan jamu kunyit untuk membuat nafsu makan anak kembali. Caranya cukup mudah kok Moms, berikut bahan-bahan dan caranya: 

  • 1-2 rimpang kunyit
  • air secukupnya
  • madu 2-3 sendok makan 


Cara membuat: 

  • Parut kunyit hingga semua bahan tidak tersisa
  • Rebus parutan kunyit bersama air
  • Tunggu hingga mendidih 
  • Setelah hangat-hangat kuku saring
  • Tambahkan madu agar si kecil tidak eneg
     
source: https://www.indoindians.com
baca juga

3. Jangan Biarkan Anak Minum terlalu Banyak 

Terlalu banyak minum akan membuat anak lebih cepat kenyang, sedangkan makanannya belum habis. Untuk menjaga nafsu makan anak dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya hindari Si kecil minum terlalu banyak selama waktu makan. Jus, air atau minuman manis lainnya sebaiknya dikonsumsi setelah anak selesai makan. Selain itu biasakan anak untuk mengunyah makanan perlahan akan memberi waktu pada anak untuk mengukur rasa lapar. Makan dengan perlahan juga akan menjaganya dari masalah pencernaan karena diakibatkan cara mengonsumsinya yang buruk. 

 

source: http://www.dhxjunior.com

4. Konsultasikan dengan Dokter 

Jika memang nafsu makan si kecil tak kunjung membaik, malah justru menolak semua makanan yang moms berikan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Bisa saja ada beberapa hal yang membuat nafsu makan anak bermasalah yang tidak diketahui jika Moms tidak segera memeriksakannya ke dokter. Dengan begitu, bisa saja dokter akan memberikan beberapa obat atau suplemen yang membuat nafsu makan anak kembali membaik. 
 

source: http://thejournal.ie