Nutrisi

source: http://www.galerisehat.co


Sebelum mengetahui apa saja makanan anak yang dapat membantu mengembangkan kecerdasan otak anak, ada baiknya apabila mengetahui nutrisi yang dibutuhkan otak si kecil.

Beberapa kandungan yang dinilai dapat mencerdaskan otak anak yaitu seperti Omega 3, AHA, DHA, EPA dan beberapa kandungan lain seperti protein, zat besi dan mineral. Kandungan tersebut bukan hanya dapat mencerdaskan otak anak tetapi juga dapat meningkatkan daya ingat otak sehingga anak tidak mudah lupa ketika mendapat pelajaran di sekolahnya.

Hmm, kira-kira makanan apa saja yang mengandung nutrisi yang telah disebutkan tadi?



 

baca juga

1. Ikan Salmon

source: https://www.goodnewsfromindonesia.id/


Ikan salmon adalah makanan anak yang baik. Ikan salmon merupakan sumber omega 3, DHA dan EPA yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Konsumsi ikan salmon secara teratur akan membantu meningkatkan kecerdasan dan ketajaman berfikir secara cepat.



 

2. Bayam

source: http://minyakikan.co/


Makanan anak yang baik untuk kecerdasan otak berikutnya adalah bayam. Bayam mempunyai kandungan zat besi dan aneka vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Kandungan vitamin B9 dalam bayam terbukti mampu meningkatkan ketajaman memori otak sehingga daya ingat dan kecerdasan pun akan meningkat.



 

baca juga

3. Telur

source: https://hellosehat.com/


Telur merupakan sumber protein yang baik bagi kesehatan. Telur ini terbilang makanan yang murah tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pada bagian kuning telur terdapat kandungan kolin yang sangat tinggi dan kandungan tersebut dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak agar memiliki daya ingat yang tinggi.



 

4. Pisang

source: https://www.organicfacts.net/


Buah pisang menjadi makanan anak yang bagus untuk kecerdasan otak anak berikutnya. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam pisang akan memperlancar jalannya transmisi antar sel syaraf otak sehingga kemampuan berfikir dan respon pun akan lebih cepat.

5. Berry

source: http://id.pinterest.com


Ada berbagai jenis buah yang menggunakan kata berry dan buah tersebut diantaranya seperti strawberry, blueberry, dan cherry. Buah ini memiliki kandungan antioksidan dengan kadar tinggi khususnya vitamin C.

Berdasarkan riset yang dilakukan menyebutkan bahwa ekstrak blueberry dan strawberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat dan pada biji buah ini ternyata terdapat kandungan asam lemak omega tiga yang dapat mencerdaskan otak anak.



 

6. Kedelai

source: https://bambanghendarji.files.wordpress.com/


Kedelai merupakan bahan dasar pembuatan tempe dan ternyata makanan yang berbahan dasar dari kedelai seperti tempe dan tahu ini memiliki manfaat yang bagus terutama untuk mencerdaskan otak anak. Makanan yang terbilang kampungan ini memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

7. Alpukat

source: https://www.californiaavocado.com/


Alpukat adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan lemak cukup banyak. Namun, lemak yang ada dalam buah alpukat merupakan lemak nabati yang sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu mencegah penuaan dini baik pada tubuh ataupun otak. Konsumsi secara teratur buah ini diketahui dapat mencerdaskan otak dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.