Pada masa ASI eksklusif berarti bayi tidak boleh diberikan makanan atau minuman pendamping apapun baik itu susu formula, air putih, apalagi makanan pendamping. Seperti yang dianjurkan oleh WHO (World Health Organization) hal ini dikarenakan kondisi ginjal bayi belum benar-benar matang. Sebagai ibu menyusui atau pejuang ASI tentunya kita mau dong Moms memberikan asupan terbaik untuk bayi.

Hindari Memberikan Air Putih Saat Bayi dalam Masa ASI Eksklusif
source: https://viva.co.id/

Memberi bayi air putih bukan hanya bisa menyebabkan kembung tapi juga bisa membuat sembelit, bahkan bayi akan mudah merasa kenyang hingga enggan menyusu. Wah, bahaya ya Moms padahal asupan utama bayi di enam bulan pertamanya adalah ASI eksklusif. Seperti yang dikatakan oleh seorang konselor laktasi, Susan Hasser, saat cuaca panas bayi justru akan meminta menyusu lebih sering atau lama, sehingga jangan panik bayi terserang dehidrasi ya Moms. Ibu menyusui harus cepat tanggap juga saat cuaca panas, lebih sering susui si bayi ya Moms.

Pada awal memulai MPASI, memberikan bayi minum air putih juga sebenarnya tidak terlalu penting, kecuali untuk membersihkan mulutnya, kita juga bisa membersihkannya dengan kain kassa yang dibasahi air hangat ya Moms agar kebersihan mulutnya tetap terjaga. Apabila ketika baru memulai MPASI, bayi masih menyusu secara intens maka kita berikan ASI saja untuk memenuhi asupan cairan di tubuhnya.

Hindari Memberikan Air Putih Saat Bayi dalam Masa ASI Eksklusif
source: https://mommyasia.id/

Jadi, jangan pernah khawatir ya Moms jika dalam kondisi cuaca panas, hindari untuk memberikan bayi air putih, apalagi jika si kecil sedang dalam masa pemberian ASI eksklusif. Memberikan asupan terbaik di enam bulan kehidupan pertama bayi sangat penting Moms, baik untuk asupan gizi dan daya tahan tubuhnya juga. Tak hanya itu, hindari MPASI dini juga ya Moms jika kita menyayangi si kecil, memberinya air putih saja berisiko untuk kesehatannya apalagi memberinya MPASI dini ya Moms. Semangat mengASIhi Moms, berikan ASI eksklusif sebagai asupan terbaiknya.