Atur Waktu Tidur

Bagi wanita hamil, tidur merupakan kebutuhan yang wajib. Terlebih jika wanita hamil yang bekerja. Tentu kondisi tubuh yang lelah setelah seharian berkativitas akan menyebabkan tubuh terasa pegal dan nyeri di beberapa bagian, seperti pada kaki dan pinggang.

Sebab itu dibutuhkan waktu istirahat yang cukup. Aturlah agar kamu memiliki jadwal tidur yang rutin, sehingga tubuh akan segar kembali ketika bangun pada keesokan harinya. Tidur yang berkualitas lebih penting daripada mempunyai jam tidur yang banyak namun tidak nyenyak.
 

source: https://www.merdeka.com



 

baca juga

Perbanyak Waktu Istirahat

Selagi memungkinkan, sebaiknya selama masa kehamilan kamu memperbanyak waktu beristirahat. Cobalah untuk menambah jam tidur satu atau dua jam dari yang biasanya. Tubuh yang lelah membutuhkan revitalisasi agar dapat mengembalikan tubuh pada kondisi semula. Bahkan jika tidak mendesak, akhir pekan sebaiknya tetap berada di rumah agar tubuh merasa nyaman dan tidak lelah.
 

source: http://www.viva.co.id



 

Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat timbul dimana saja dan kapan saja, termasuk pada wanita hamil. Terlebih jika kamu termasuk wanita hamil yang sibuk bekerja dan beraktivitas di luar rumah. Pekerjaan yang menumpuk, dateline yang ketat dan pekerjaan yang tak pernah berakhir seringkali akan menimbulkan tekanan tersendiri, terutama bagi wanita hamil.

Karena perubahan hormon, wanita hamil biasanya lebih cepat terpancing emosi, sehingga mengakibatkan stres. Stres yang berkepanjangan tentu akan membuat tidurmu tak nyaman. Sebaiknya bekerjalah dengan pikiran lebih tenang. Selalu berpikirlah untuk positif thinking ya moms.
 

source: http://smartmama.com



 

baca juga

Atur Posisi Tidur Menjadi Lebih Baik

Pada saat kehamilan memasuki bulan keenam, kondisi perut sudah dalam keadaan membesar. Dalam posisi ini, melakukan kegiatan apapun harus hati-hati agar tubuh tetap nyaman, termasuk posisi tidur. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, tak ada salahnya kamu mengatur posisi tidur menjadi lebih baik. Lakukan cara berikut ya, moms.

  • Gunakan bantal tambahan sebagai pengganjal dibawah perut agar badan lebih nyaman
  • Gunakan bantal panjang yang ditempatkan pada lutut atau memanjang dari punggung hingga perut
  • Pada trisemester ketiga, cobalah tidur miring ke kiri agar sirkulasi darah dapat ditingkatkan ke arah rahim, janin dan ginjal
source: https://www.vemale.com



 

Cari Kegiatan Ringan Sebelum Tidur

Dikala tubuh letih dan membutuhkan istirahat, seringkali kamu sulit memejamkan mata di malah hari. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar. Kebutuhan tidur ibu hamil memang membutuhkan penyesuaian. Pada trisemester ketiga biasanya wanita hamil akan mengalami sulit tidur, terutama di malam hari.

Untuk mengatasinya, sebelum tidur kamu dapat melakukan kegiatan ringan seperti menonton TV, mendengarkan musik atau membaca. Kegiatan ini setidaknya akan membantumu sebagai penghantar tidur dengan baik. Niscaya kamupun akan tidur dengan nyaman. Namun kegiatan ringan ini sebaiknya jangan dilakukan hingga larut malam ya, moms.
 

source: http://bygrow.net



 

Ubah Suasana Kamar Menjadi Lebih Menyenangkan

Suasana kamar sangat menentukan kenyamanan tidur seseorang, termasuk wanita hamil. Jika kamu bosan dengan suasana kamar yang lama, sebaiknya ciptakan suasana kamar yang baru. Kamu tidak perlu merombak total kamarmu, tetapi kamu dapat mengubahnya dengan hal-hal yang sederhana.

Misalnya kamu dapat menggeser posisi tempat tidurmu, mengecat ulang dinding kamar dengan warna yang lebih cerah, memasang lampu yang redup saat tidur atau mengatur suhu kamar yang lebih pas dengan kondisimu.

Mengubah suasana kamar lebih menyenangkan adalah salah satu solusi agar kebutuhan tidur ibu hamil menjadi lebih berkualitas. Dijamin kamu akan tidur dengan nyenyak.
 

source: https://blog.carijasa.co.id